Blog

Menelaah Sejarah Singkat Harbolnas Di Indonesia

Dec 17 2021

Tanggal 12 Desember menjadi sebuah tanggal yang spesial bagi masyarakat Indonesia yang hobi berbelanja online. Kenapa? Karena pada tanggal tersebut setiap tahunnya diperingati sebagai Harbolnas, atau yang dikenal juga dengan Hari Belanja Nasional. Sejumlah marketplace berlomba – lomba memberikan diskon, penawaran, dan promo menarik untuk masyarakat agar mau membuka dan menggunakan aplikasi mereka. Mungkin tidak semua dari masyarakat tersebut akan berbelanja lewat platform tersebut, tapi setidaknya, dengan iming – iming voucher, traffic ke platform mereka jadi terdongkrak. Namun, sudahkah kamu tahu sejak kapan 12 Desember didedikasikan sebagai Hari Belanja Nasional? Yuk, kita simak bersama di bawah ini.

Sejarah Hari Belanja Nasional

Inisiasi ini diprakarsai oleh enam e-commerce besar di Indonesia, yakni Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, serta Bukalapak. Enam e-commerce ini berada di bawah naungan Asosiasi E-commerce Indonesia atau yang disebut dengan IdeA. Harbolnas digelar pertama kali pada tahun 2012, yang saat itu dikenal dengan 12.12.12. Tujuan digelarnya adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang mudahnya berbelanja via daring.

Mendapat respon positif, para e-commerce tersebut kembali mengadakan acara yang sama tahun berikutnya, yang akhirnya sejak saat itu dikenal sebagai Hari Belanja Nasional. Mulai tanggal tersebut Harbolnas bergulir di setiap tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Perayaan belanja daring ini pun menjadi makin semarak dengan dukungan berbagai pihak, termasuk dari industri telekomunikasi, perbankan, logistik, hingga para media. Berdasarkan informasi dari situs resmi IdEA, Harbolnas 2020 diikuti lebih dari 250 platform belanja daring dari seluruh Indonesia.

Berkiblat dari perayaan belanja di luar negeri

Harbolnas terinspirasi dari perayaan belanja seperti yang biasa diadakan di beberapa negara, semacam Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, Jepang, serta Cina. Misalnya seperti perayaan Cyber Monday yang biasa digelar setelah hari Thanksgiving di Amerika. Di Cyber Monday, para peritel daring mengadakan promo dan diskon besar – besaran untuk menarik minat belanja online. Cyber Monday ini sendiri terilhami dari perayaan belanja Black Friday yang digelar setiap hari Jumat setelah hari Thanksgiving.

Black Friday juga menjadi ajang perayaan musim belanja untuk menjelang Natal. Seperti saat Lebaran, gerai – gerai offline buka lebih lama dan menawarkan diskon besar atau cuci gudang untuk menarik pembeli. Harbolnas juga terinspirasi dari Hari Jomblo, atau dikenal juga dengan istilah Bachelors’ Day.

Hari Jomblo yang jatuh pada setiap tanggal 11 November di Cina kini menjadi ajang belanja online dan offline terbesar di dunia. Alibaba Group, perusahaan retail raksasa asal Chna mendulang keuntungan yang besar di tiap tahunnya. Pada tahun 2013, situs retail online di bawah Alibaba Group, seperti Tmall dan Taobao, meraup keuntungan senilai 5,8 miliar dollar AS. Pendapatan mereka terus meningkat setiap tahunnya, hingga tahun 2020, Alibaba meraup 74,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.047 triliun, dengan kurs rupiah Rp 14.100, sungguh nilai yang sangat besar bukan?

Nah, berkenaan dengan 12.12 tahun 2021 ini, Atome Indonesia berkesempatan untuk ambil bagian dalam perayaan yang penuh dengan keceriaan ini. Bekerjasama dengan sejumlah merchant ternama, Atome memberikan beragam promo menarik yang bisa kamu dapatkan di perayaan 12.12 tahun ini yang akan dimulai dari hari ini, tanggal 10 Desember 2021 hingga 12 Desember 2021 besok. Mau tahu siapa saja merchant yang bekerjasama dengan Atome? Yu, kita cari tahu di bawah ini!

1. Giordano

Didirikan pada tahun 1981, Giordano adalah salah satu retailer pakaian paling terkenal dan berjaya di kawasan Asia Pasifik, dengan jumlah pegawai lebih dari 5.900 staf yang ramah, dan sekitar 2.100 toko yang beroperasi di lebih dari 30 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Giordano mewujudkan pilihan gaya hidup kontemporer masa kini, kesederhanaan dalam desain, dan kualitas dalam segala materialnya. Komitmen total Giordano terhadap layanan yang unggul dan kualitas serta nilai yang luar biasa telah memungkinkan perusahaan mereka untuk berhasil mengembangkan merek Giordano, Giordano Ladies, Giordano Junior, BSX dan Beau Monde. Selain itu, sekadar informasi, Giordano Indonesia memiliki 6 brand eksklusif kelas dunia pada segmen fashion berkualitas, yaitu Giordano, Giordano Ladies, Timberland, The North Face, Nike, dan Keds.

2. Nike

Nike, Inc. adalah asosiasi multinasional Amerika yang terlibat dalam desain, pengembangan, manufaktur, dan pemasaran serta penjualan pakaia, alas kaki, aksesori, peralatan di seluruh dunia. Kantor pusat perusahaan Nike terletak di dekat Beaverton, Oregon, di wilayah metropolitan Portland, Amerika Serikat. Nike adalah produsen utama peralatan olahraga dan salah satu pemasok sepatu dan pakaian atletik terbesar di dunia.

Selain merek Nike itu sendiri, Nike memasarkan produknya di bawah Nike Pro, Nike+, Nike Golf, Nike Blazers, Air Jordan, Air Max, dan lainnya, serta anak perusahaan mereka, termasuk merek Jordan, Hurley Int. dan Converse.

3. Havaianas

Havaianas menyebarkan semangat Brasil ke seluruh dunia sejak tahun 1962, dengan sol karet yang ikonik dan desain yang cerah, penuh warna, dan bernuansa musim panas. Hingga saat ini, sepasang sandal jepit Havaianas masih dirancang dan dibuat di tempat kelahirannya, Brasil. Perusahaan ini berkantor pusat di Sao Paulo, Brasil dengan kantor regional di Los Angeles, Madrid dan Hong Kong.

4. Bata

PT Sepatu Bata Tbk. adalah produsen alas kaki di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam alas kaki termasuk sepatu kulit dan sandal kanvas sepatu olahraga kasual, sandal cetakan injeksi dan sandal biasa. Selain merek utama mereka, Bata juga memproduksi North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire, dan Weinbrenner.

5. Eiger

EIGER diluncurkan pada tahun 1989 sebagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan bagi gaya hidup para penggiat alam terbuka. Nama EIGER terinspirasi dari Gunung Eiger di Bernese Alps, Swiss, yang berketinggian 3.970 mdpl dan menjadi “gunung tersulit didaki” ke-3 di dunia.

Eiger menyediakan tiga kategori produk utama, yaitu Mountaineering yang berorientasi pada kegiatan pendakian gunung; Riding yang berfokus pada penjelajahan sepeda motor; serta Authentic 1989 yang diinspirasi dari gaya klasik para pencinta kegiatan petualangan alam terbuka yang diwujudkan dalam desain yang kasual dan stylish. Hingga saat ini, Eiger telah memiliki jaringan distribusi di seluruh Indonesia dan akan terus memperluas jangkauannya hingga ke mancanegara.

Dari kelima merchant di atas, mana yang menarik perhatian kamu? Jangan salah, selain lima merchant itu, masih ada merchant lain seperti Keds, Mothercare, Buccheri, Gabino, Toys City serta Berrybenka yang menjadi highlight di perayaan 12.12 tahun ini bersama Atome. Untuk setiap new user Atome, kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp 120.000 dengan minimal transaksi mulai dari Rp 100.000. Tunggu apalagi? Download Atome sekarang di AppStore dan Playstore dari link ini, dan dapatkan promo menariknya!

Main keywords of the article: