Blog

Pilihan Mainan Untuk Anak Laki-Laki

Berbicara mengenai tumbuh kembang anak erat kaitannya dengan media pendukung untuk membantu perkembangan anak tersebut. Salah satu media yang selalu digunakan dalam proses tumbuh kembang anak adalah mainan.

Pada umumnya, mainan anak perempuan dan mainan anak laki-laki dibedakan. Mainan untuk anak laki-laki biasanya lebih maskulin karena orangtua cenderung melatih anak laki-lakinya menjadi tangguh, kuat, dan selalu memimpin. Sementara, anak perempuan dididik untuk memiliki sifat feminin, yaitu menjadi orang yang lembut dan penuh kasih sayang sehingga mainan yang dipilih pun berbeda dengan mainan anak laki-laki.

Berdasarkan penelitian, semakin tinggi kadar testosteron dalam tubuh anak laki-laki maka semakin tinggi pula kemungkinan anak tersebut menunjukkan kemaskulinannya. Kadar testosteron yang tinggi ini dikaitkan dengan permainan anak laki-laki yang biasanya lebih keras. Anak laki-laki biasanya senang dengan mainan yang dapat bergerak, seperti halnya mobil-mobilan atau robot-robotan. Sedangkan anak perempuan  lebih menyukai mainan yang statis, seperti boneka.

Selain itu, anak-anak seringkali menirukan orang dewasa yang ada di sekitarnya, terutama orangtua. Hal ini mengapa orangtua harus bersikap baik karena anak adalah peniru dari apa yang dilihatnya. Sebagai contoh, ketika seorang anak melihat ayahnya memperbaiki genting yang bocor, maka ia akan menganggap bahwa ini adalah pekerjaan laki-laki. Sementara itu, jika seorang anak melihat ibunya memasak, maka ia akan berpikir bahwa memasak adalah pekerjaan perempuan. 

Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Setelah membahas mengenai perbedaan mendasar mengapa permainan anak laki-laki dan anak perempuan dapat berbeda, selanjutnya yuk kita bahas tips memilih mainan untuk anak.

Terdapat beberapa tips yang perlu orangtua ketahui agar tidak salah memilih media pembantu tumbuh kembang anak karena media atau permainan ini nantinya dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang tersebut. Berikut adalah tips memilih mainan untuk anak:

1. Pilihlah Mainan yang Tidak Berbahaya

Adakah permainan yang berbahaya? Pastinya ada. Contohnya  pistol-pistolan yang dapat diisi peluru. Mainan ini sangat berbahaya karena apabila isi dari pistol ini ditembakkan ke udara dan mengenai orang lain, bahkan anak itu sendiri, maka ia akan menimbulkan rasa sakit, terutama jika terkena mata. Tentunya hal ini sangat berbahaya untuk siapapun. Oleh karena itu, anak harus dihindarkan dari permainan seperti ini.

2. Belilah Mainan Edukatif

Daya berfikir anak perlu diasah melalui mainan-mainan edukatif. Membelikan anak mainan tentu membuat anak menjadi senang. Akan tetapi pikirkan juga seberapa manfaat dari permainan itu.

3. Pilihlah Mainan Dengan Kualitas Bahan yang Bagus

Mainan yang terbuat dari bahan yang tipis dan tidak berkualitas menyebabkan mainan mudah patah, bahkan rusak sehingga susah untuk diperbaiki. Hal ini akan membuat anak merasa kecewa dan marah karena mainannya rusak. Selain itu membeli mainan yang berkualitas tidak membuat kamu rugi kerena kamu tidak perlu membelinya berulang kali akibat kerusakan tersebut. 

Rekomendasi Mainan Untuk Anak Laki-Laki

Berikut adalah mainan-mainan yang cocok untuk dimainkan oleh anak laki-laki:

1. Lego

Saat ini Lego adalah jenis mainan yang banyak dimainkan oleh anak laki-laki. Bahkan permainan ini menjadi mainan kesukaan anak laki-laki. Melalui mainan ini, anak dapat belajar untuk menyusun satu demi satu bagian dari Lego sehingga dapat membentuk sesuatu yang diinginkan oleh anak. Bermain Lego dapat melatih daya imajinasi anak, meningkatkan kreativitas anak, dan mengasah otak anak, serta melatih anak untuk belajar mengenali objek yang ada di sekitarnya.

Merakit Lego memang tergolong permainan yang rumit. Akan tetapi anak tetap senang untuk memainkannya karena melalui permainan ini anak akan merasa penasaran dan terus tertantang untuk membentuk sesuatu yang diinginkannya. Sebaiknya orangtua mendampingi dalam hal ini. Karena orangtua perlu membantu ketika anak merasa kesusahan dalam merakit Lego.

2. Bola

Bermain bola adalah permainan paling favorit yang paling sering dimainkan oleh anak laki-laki. Selain karena mainan ini bisa dimainkan di luar rumah, anak juga menjadi sangat senang karena dengan bermain bola mereka dapat berkumpul dengan teman-temanya. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial sehingga sejak kecil pun anak lebih senang jika dapat bermain bersama teman-temannya daripada bermain sendirian.

Manfaat lain dari bermain bola yaitu dapat melatih kemampuan motorik pada anak. Keterampilan kaki anak dapat terlatih saat ia menendang bola, sementara keterampilan tangannya akan terlatih ketika ia melempar atau menangkap bola. Hal ini sekaligus dapat menyehatkan fisik pada anak karena anak terus melakukan pergerakan.

3. Sepeda dan Mobil-Mobilan

Bermain di luar ruangan memang mampu menyehatkan badan. Dengan bermain sepeda, sistem motorik anak dapat terlatih dengan baik karena ia harus belajar mengayuh dan mengendalikan sepeda. Selain itu, dengan bermain sepeda, anak juga akan belajar berkonsentrasi untuk menjaga keseimbangan, serta belajar mengenali arah.

Sedangkan dengan bermain mobil-mobilan, konsentrasi anak akan ikut terlatih. Anak akan memperlajari hal-hal yang dapat dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat mengendarai mobil. Hal ini dapat menambah pengetahuan pada anak sehingga ketika anak sudah mulai tumbuh dewasa nantinya akan semakin mengerti.

4. Robot

Hampir semua anak laki-laki menyukai mainan robot. Hal ini karena tampilan futuristis dan bentuk unik menjadi daya tarik utama dari mainan robot ini. Robot menjadi salah satu rekomendasi mainan untuk anak laki-laki karena dengan robot anak bisa mengembangkan imajinasinya dengan baik.

Saat sedang bermain robot, anak akan menemukan keseruannya sendiri. Mereka akan membuat skenario cerita mereka sendiri. Mulai dari perang-perangan, hingga robot yang bisa terbang. Tidak hanya menjadikannya imajinatif, robot adalah pilihan tepat untuk mengajarkan anak bagaimana cara membuat cerita yang menarik untuk mereka.

Itu tadi adalah tips serta rekomendasi mainan untuk anak laki-laki. Terlepas dari mainan anak berdasarkan gendernya, membeli mainan anak tidak boleh dilakukan sembarangan. Siapapun harus memperhatikan keselamatan dan keamanan anak saat bermain dengan mainannya.

Anak-anak pasti merasa senang jika memiliki mainan yang menurutnya menarik. Jika orangtua ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik melalui media mainan, orangtua harus membelikan mainan-mainan yang berkualitas sehingga aman untuk digunakan.  Kamu dapat membeli mainan untuk anak-anak di Toys City dengan Atome untuk kualitas yang bagus dan dengan pembayaran yang mudah sekaligus aman pastinya.