Blog

Ragam Mainan Edukasi Untuk Anak

Setiap orang pasti memiliki mimpi untuk memiliki buah hati. Namun, dalam hal mengurusnya terkadang harus memilih cara yang tepat. Mulai dari bagaimana cara mendidik hingga membesarkan anak tersebut. Anak kecil pasti belum paham bagaimana cara menentukan hal yang baik dan buruk. Terlebih di umur anak berada di usia emas, mereka terbiasa untuk menirukan segala hal yang ada di sekelilingnya. 

Nah, sebagai orang tua yang cerdas, kamu harus memilih permainan apa saja yang cocok untuk mereka. Bermain bisa dikatakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang sangat cocok bagi anak kecil. Meskipun terlihat sepele, memilih permainan sangat dianjurkan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam merangsang indra mereka. Yang terpenting, selama anak bermain, jangan lupa untuk selalu mengawasi dan memberikan bimbingan. Dengan demikian tumbuh kembang si kecil akan dijalankan dengan maksimal. Jika tanpa memberikan bimbingan langsung, kamu tidak akan bisa mengarahkan hal yang baik untuk anak.

Sekarang ini, banyak sekali mainan edukasi yang bisa kamu pilih untuk anak tercinta. Nah, kamu harus paham nih apa saja sih tips yang tepat untuk memilih mainan yang cocok untuk anak. Jangan sampai salah pilih ya, ntar  ternyata kurang punya benefit bagi perkembangan buah hati.

Tips Jitu Memilih Mainan Edukasi Anak 

1. Harus Memahami Pentingnya Mainan Edukasi Untuk Anak

Memperhatikan tumbuh kembang anak memang harus dan wajib dilakukan sejak dini. utamanya dalam proses mengenali lingkungan sekitarnya. Para orangtua harus benar-benar paham dengan menggunakan mainan edukasi. Biasanya anak akan lebih terbimbing untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka di lingkungan terdekat mereka. 

Biasanya sih tak perlu membutuhkan mainan yang rumit, tapi kamu cukup menyediakan mainan puzzle atau balok susun. Kedua mainan ini sangat tepat untuk memberikan wawasan baru kepada buah hati.

2. Pilih dan Kelompokkan Mainan Sesuai Kebutuhan Anak

Selain memahami pentingnya mainan edukasi, kamu juga harus memilih mainan yang sesuai dengan aktivitas buah hati. So, sebagai orangtua yang baik,  kamu harus cermat dalam memilih mainan tersebut. Untuk memilih mainan tersebut, maka bisa kamu kelompokkan menjadi beberapa hal di bawah ini:

– Mainan untuk mengembangkan aktivitas fisik dan otot

Buat kamu yang menginginkan permainan untuk mengembangkan aktivitas fisik serta otot pada buah hati, maka kamu perlu membeli mainan berikut ini, seperti puzzle, balok, hingga perangkat peralatan dapur.

– Mengembangkan tumbuh kembang sensorik

Merangsang otot dan melakukan berbagai aktivitas di dalam bermain adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan sensorik anak. Untuk itu, harus diperhatikan mainan apa saja sih yang cocok untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sensorik mereka. Berbagai mainan tersebut antara lain seperti  mainan pasir, instrument music, hingga playdough.

– Mengembangkan proses interaksi sosial

Agar anak kecil bisa melakukan interaksi dengan sekitar, kamu harus bisa melakukan interaksi dengan baik. Interaksi sosial ini rupanya bisa dibentuk dengan melakukan berbagai macam kebiasaan dengan lingkungannya. Ini bisa dibentuk melalui beberapa mainan, yaitu mainan boneka, mobil, papan bermain, hingga buku.

– Melatih kemampuan anak dalam kecerdasan dan kreativitas

Selain itu, ada pula permainan yang bisa meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak. Beberapa mainan tersebut bisa membantu mereka dalam mengasah kemampuan mereka. Sebagai orangtua yang baik, kamu bisa membelikan mainan seperti krayon, tanah liat, alat lukis, buku hingga kertas warna warni.

3. Pilih Mainan Sesuai Dengan Usia Buah Hati

Jangan dianggap sepele ya, memilih mainan juga harus disesuaikan dengan usia si kecil. Kamu harus memastikan apakah mainan yang dipilih tersebut bisa memberikan dampak yang positif melalui kebiasaan yang dilakukan buah hati.

4. Pastikan Mainan Tersebut Aman

Keamanan adalah hal paling penting dalam membelikan mainan anak. Pastikan bahwa mainan yang kamu berikan kepada buah hati sangat aman dan terbuat dari bahan yang tidak membahayakan. Untuk menyimpannya, kamu harus menyediakan tempat khusus. Sehingga terhindar dari kotoran dan debu yang bisa membahayakan buah hati.

5. Pilih Mainan Yang Dapat Menantang dan Meng-eksplore Problem Solving

Kemampuan problem solving tak hanya dibutuhkan orang dewasa saja lho. Namun, anak kecil juga harus diajarkan cara problem solving yang baik dan benar. Kemampuan problem solving akan berdampak pada mereka karena akan membiasakan mereka untuk berpikir logis dan mampu menyelesaikan masalah dengan sangat baik.

Beberapa contoh mainan yang biasa digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving antara lain puzzle, mewarnai, hingga menyusun balok.

6. Pilih Mainan Yang Dapat Merangsang Imajinasi

Anak kecil pasti tak jauh dengan kata imajinasi. Setiap imajinasi mereka harus diimbangi dengan kemampuan kreatif dalam berpikir ya. Jadi meskipun hanya imajinasi, mereka tetap bisa belajar dengan baik. Beberapa contoh mainan yang bisa meningkatkan daya imajinasi mereka antara lain mainan peralatan masak, rumah boneka, dan mainan peralatan rumah tangga.

Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Si Kecil

Saking banyaknya mainan, terkadang kita bingung bagaimana cara memilih yang tepat. Nah, biar kamu tidak bingung lagi memilih mainan yang tepat, kamu bisa membeli beberapa mainan berikut di Toys City. Toys City menyediakan berbagai macam mainan yang cocok untuk buah hati. Apa saja sih mainannya? Yuk simak di bawah ini ya.

1. Fisher Price L7L Learning Market

Tahukah kamu jika anak kecil sangat peka dan cepat dalam menerima hal yang diajarkan. Jadi jika kamu membelikan mainan ini untuk buah hati, kamu bisa mengajarkan berbagai macam hal yang ada di lingkungan sekitar. Seperti halnya menyiapkan berbagai macam bentuk buah-buahan dan namanya. Sehingga mainan ini bisa meningkatkan daya pikir buah hati.

2. Puzzle

Bermain puzzle adalah mainan yang paling pas untuk diberikan kepada si kecil. Selain melatih kemampuan berpikir, bermain puzzle juga bisa meningkatkan kemampuan problem solving dan kesabaran bagi si kecil. 

3. Fun Shopping Set

Kalau yang ini adalah mainan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan syaraf motorik. Mainan ini  sangat dibutuhkan untuk buah hati lho. Kamu bisa membeli mainan ini yang bisa digunakan untuk merakit rangkaian toko sesuai dengan imajinasi buah hati.

4. Lego

Hayo ngaku, siapa sih anak kecil yang gak suka Lego? Mainan yang sudah mendunia ini sangat membantu anak kecil untuk meningkatkan kemampuan motorik mereka. Ditambah lagi warna-warna yang ada di Lego tersebut sangat cerah sehingga bisa menambah imajinasi sang buah hati.

5. Oxford Edu Block

Buat kamu yang memiliki buah hati yang sangat suka dengan hewan, mainan yang satu ini cocok bisa kamu belikan untuk buah hati. Buah hati kamu pun akan belajar banyak melalui mainan yang satu ini.

Nah, apakah kamu sudah menemukan rekomendasi mainan yang cocok untuk buah hati tercinta? Jika belum, langsung saja kunjungi di Toys City. Seluruh mainan yang cocok untuk buah hati bisa kamu temukan di sana.

Menariknya lagi, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Atome untuk membayar mainan di Toys City lho. Atome menyediakan cicilan 3 atau 6 bulan pembayaran, dengan bunga 0%. Yang pasti tanpa harus ribet dengan kartu kredit. Yuk buruan!