Ragam manfaat buah alpokat untuk pria, wanita, dan ibu hamil

Aug 04 2022

Buah alpokat termasuk buah tropis dan subtropis yang berasal dari Amerika Selatan. Buah ini banyak dibudidayakan di Indonesia dan menjadi salah satu buah favorit dari banyak orang. Selain rasanya enak, buah berwarna hijau kekuningan ini juga mengandung banyak nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari untuk kesehatan pria, wanita, dan juga Kesehatan untuk ibu hamil. Buah ini juga bisa diolah ke dalam berbagai bentuk makanan dan minuman lezat, seperti jus, salad, yogurt, smoothie, dan ragam hidangan lainnya. Baca ulasan berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang buah alpokat. Baik dari kandungan, manfaat, efek samping, serta resep mengolahnya jadi lebih enak.

Kandungan Buah Alpokat

Buah alpokat mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Protein. Dalam buah alpokat terdapat 18 asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein hewani, protein nabati dalam alpokat kaya akan serat, sehingga mudah diserap oleh tubuh.
  • Lemak bermanfaat. Alpokat kaya akan lemak sehat yang dapat meningkatkan kolesterol baik untuk membantu mengatur kadar trigliserida.
  • Karotenoid yang beragam, seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein. Sehingga tubuh akan menerima banyak asupan vitamin A serta meningkatkan fungsi sistem reproduksi dan kekebalan tubuh.
  • Vitamin dan mineral. Alpokat mengandung hampir 20 vitamin, termasuk vitamin C, E, K, dan vitamin B6. Kandungan mineralnya beragam, termasuk asam folat, kalium, dan zat besi.
  • Anti-inflamasi. Kombinasi unik dari vitamin C dan E, karotenoid, selenium, serta kandungan seng dan omega-3 asam lemak dalam alpokat bermanfaat mencegah peradangan.

Manfaat Buah Alpokat

Dari beragam kandungan nutrisi di atas, buah alpokat memiliki banyak manfaat untuk tubuh orang yang mengonsumsinya, antara lain:

1. Manfaat Buah Alpokat Untuk Kesehatan

  • Menjaga kepadatan tulang. Karena alpokat mengandung kalsium, vitamin D, serta vitamin K yang bagus untuk mencegah osteoporosis.
  • Memelihara kesehatan mata berkat kandungan asam lemak tak jenuh dan beta karoten. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpokat juga dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.
  • Mencegah hipertensi, karena adanya mineral dan kalium yang dapat mengatur irama jantung tetap teratur.
  • Melancarkan pencernaan. Karena alpokat termasuk tinggi serat dan rendah fruktosa. Sehingga dapat mengurangi risiko penumpukan gas dan aman untuk lambung.

2. Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan

  • Melembapkan kulit. Berkat kandungan lemak, air, vitamin dan mineral di dalamnya, alpokat mampu mengatasi masalah kulit kering dan pecah – pecah.
  • Meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan mangan dan vitamin C yang melancarkan produksi kolagen. Kolagen itulah yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan di wajah.
  • Membantu mengatasi jerawat. Karena adanya vitamin C dan omega 3 yang dapat mengurangi peradangan pada kulit dan bersifat anti-mikroba. Sehingga efektif mencegah dan mengurangi kemunculan jerawat di wajah.
  • Mengurangi hiperpigmentasi kulit. Kombinasi vitamin C dan E dalam buah alpokat bermanfaat mengurangi peradangan pada kulit dan menurunkan produksi melanin. Sehingga dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi atau penggelapan pada kulit wajah.

3. Manfaat Buah Alpokat Untuk Wanita Dan Ibu Hamil

  • Melancarkan haid. Buah alpokat mengandung potasium serta vitamin E dan B6 yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh.Kandungan lemak sehat, magnesium, dan serat di dalamnya juga mendukung pembentukan darah untuk periode haid yang optimal.
  • Membantu ibu hamil mencapai kebutuhan nutrisi. Hal ini karena buah alpokat mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan ibu hamil, seperti asam folat, vitamin C, dan magnesium.
  • Baik untuk perkembangan janin, terutama karena kandungan asam folat dan kalium di dalamnya. Asam folat pada alpokat ini sendiri dapat mencegah kelahiran prematur, cacat saraf, atau berat badan lahir rendah.
  • Membantu meringankan kram kaki. Ibu hamil kerap mengalami kram pada bagian kakinya. Tapi proporsi mineral yang cukup besar dalam buah alpokat dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi kram kaki tersebut.

4. Manfaat Buah Alpokat Untuk Pria

  • Menjaga stamina tubuh. Asam folat dalam buah alpokat dapat memecah protein dan memompanya menjadi stamina tubuh. Jika dikonsumsi sebelum berhubungan seksual, lemak tak jenuh dalam alpokat juga dapat diubah menjadi energi, sehingga meningkatkan stamina pria.
  • Mencegah ejakulasi dini, berkat kandungan kalium yang dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sehingga dapat membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini.
  • Meningkatkan gairah seksual, berkat kandungan seng yang dapat membantu produksi hormon testosteron.
  • Meningkatkan kesuburan pria. Alpokat kaya vitamin B dan asam folat yang dapat berfungsi untuk menambah jumlah sperma, sehingga mendukung kesuburan pria. Kandungan vitamin E di dalamnya juga dapat melindungi sperma saat proses pembuahan.

Efek Samping Buah Alpokat

Terlepas dari banyaknya manfaat buah alpokat, tetap perhatikan porsi memakannya sesuai kebutuhan gizi. Jangan sampai makan berlebihan hingga mengakibatkan beberapa efek samping berikut ini.

  • Mudah terserang migrain.Kandungan asam amino tirosin dalam alpokat dapat memicu efek migrain ketika dikonsumsi berlebihan.
  • Iritasi usus besar. Zat pemanis alami dan bergizi dalam buah alpokat setara dengan makanan manis buatan seperti permen. Jika dikonsumsi berlebih dapat membahayakan proses pencernaan dalam usus.
  • Alergi bagi yang memiliki alergi terhadap buah alpokat. Biasanya menimbulkan gejala alergi, seperti gatal – gatal pada bibir, mulut, dan tenggorokan.
  • Bahaya jika dikonsumsi bersama obat. Salah satunya kombinasi buah alpokat dan konsumsi obat pengencer darah. Kandungan vitamin K dalam alpokat dapat menghambat proses kerja obat hinggamembekukan darah dalam tubuh.
  • Berat badan meningkat. Meskipun kandungan lemak alpokat itu sehat, tapi tetap makan sewajarnya. Jangan berlebihan, apalagi memakannya dengan mencampur gula, susu kental manis, sirup, atau bahan berlemak lainnya yang tidak sehat.

Resep Jus Buah Alpokat Sehat

Untuk mendapatkan manfaat buah alpokat, kamu bisa memakan daging buahnya secara langsung. Tapi jika ingin mendapatkan sensasi baru yang lebih nikmat, coba olah menjadi jus alpokat segar. Buat dengan resep jus yang sehat tanpa gula agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Caranya:

  • Cuci bersih alpokat dengan air mengalir.
  • Belah buah alpokat menjadi dua bagian, kemudian ambil daging buahnya dengan cara dikerok menggunakan sendok.
  • Masukkan buah ke dalam blender dan tambahkan air secukupnya.
  • Tambahkan susu low fat dan madu untuk menambah rasa manis. Jangan tambahkan gula, sirup, susu kental manis, atau bahan lainnya yang tidak sehat.
  • Blender hingga halus dan tercampur rata. Lalu tuang ke dalam gelas.

Dapatkan semua manfaat buah alpokat di atas dengan mengonsumsinya secara rutin dalam porsi yang tidak berlebihan dan sewajarnya saja. Dapatkan buah alpokat segar setiap hari di Ranch Market terdekat di kotamu atau belanja secara online di website resminya. Gunakan metode pembayaran Atome untuk menikmati layanan buy now pay later yang memberi banyak kemudahan. Dapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin yang bisa kamu cicil dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Dapatkan juga kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif dan berbagai promo spesial lainnya yang bikin belanjamu semakin hemat. Dapatkan semua keuntungan itu dengan men-download dan memakai Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: