Blog

Rekomendasi 6 Bulan Mainan Bayi Terbaik

Sep 07 2021

Bagi kamu yang memiliki bayi berusia 6 bulan, mainan apa sajakah yang kamu berikan untuknya? Apakah mainan tersebut aman untuk anak? Apakah mainan tersebut cocok untuk bayi seusianya?

Kini kamu tidak perlu khawatir, sebab mainan-mainan untuk bayi berusia 6 bulan begitu beragam. Kamu bisa memberikan mainan yang cocok untuk anak berdasarkan rekomendasi ragam mainan untuk bayi berusia 6 bulan berikut:

1. Teether

Tidak perlu diragukan lagi bahwa teether merupakan salah satu mainan bayi yang memiliki banyak manfaat. Pada usia 6 bulan, calon-calon gigi bayi sudah mulai bermunculan. Pertumbuhan gigi itu biasanya akan membuat gusi bayi terasa gatal ataupun nyeri. Nah, salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi perasaan tidak nyaman dari bayi adalah  dengan memberinya teether

Mainan bayi berusia 6 bulan ini terbuat dari bahan sejenis karet yang aman dimasukkan ke dalam mulut bayi. Agar lebih aman, kamu harus mencucinya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada buah hati. Cuci teether hingga bersih dan dinginkan mainan ini di dalam freezer terlebih dulu sebelum diberikan kepada bayi agar lebih nyaman saat digunakan oleh bayi.

Selain untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan meredam rasa tidak nyaman saat pertumbuhan gigi pada bayi, mainan teether ini juga berfungsi untuk melatih kemampuan menggenggam si kecil. Teether pun biasanya didesain agar nyaman untuk digenggam oleh bayi dan dibuat dengan warna yang mencolok sehingga dapat menarik perhatian bayi.

2. Rattle

Rattle merupakan salah satu jenis mainan yang paling diminati orangtua untuk diberikan kepada anaknya, mulai bayi baru lahir hingga ia berusia 1 tahun. Rattle dipilih karena memiliki begitu banyak manfaat. Suara yang dihasilkan dari mainan ini dapat membuat indera pendengaran bayi menjadi lebih peka terhadap bunyi-bunyian. Dari pendengaran tersebut, informasi akan sampai ke otak bayi sehingga ia  akan berpikir dan mencari asal bunyi-bunyian tersebut. Selanjutnya, bayi akan bereaksi seperti menengok atau mencari asal bunyi. Oleh karena itu, mainan bayi berusia 6 bulan ini dapat menstimulasi kemampuan otak.

Selain itu, mainan ini juga dapat melatih kemampuan bayi untuk fokus. Rattle dapat digunakan untuk melatih fokus bayi dengan cara membunyikan rattle di tengah fokus pandangannya, lalu saat bayi melihat, mulailah gerakkan rattle ke arah kanan dan kiri. Biarkan bayi menoleh mengikuti arah suara tersebut. Agar bayi lebih antusias, kamu bisa memilih rattle berbentuk unik dengan warna yang cerah. 

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika memberikan bayi mainan ini adalah kamu bisa mengerti keadaannya. Hal ini berlaku jika kamu memberinya rattle berupa gelang, lalu kamu memasangkannya pada kaki atau tangan bayi. Ketika kamu harus mengerjakan hal lain, sementara bayi tidur, bunyi rattle akan mengingatkanmu untuk kembali mengawasinya saat ia terbangun, sebab bayi akan menggerakkan kaki atau tangannya ketika ia terbangun. Oleh karena itu rattle akan berbunyi untuk mengingatkan kamu agar kembali melihat kondisinya.

3. Soft Book

Mainan soft book adalah buku cerita bergambar yang terbuat dari kain atau bahan-bahan yang lembut. Biasanya, mainan untuk bayi 6 bulan ini memiliki warna yang mencolok dengan gambar karakter yang lucu-lucu dan menggemaskan. Buku ini dibuat dari bahan yang lunak agar bayi tidak terluka saat sedang memainkannya.

Soft book berguna untuk melatih kemampuan melihat bayi. Mainan ini juga menjadi cara memperkenalkan kebiasaan membaca kepada bayi sejak dini. Saat melihat gambar-gambar pada buku, bayi pun akan mulai belajar berpikir dan berimajinasi. Selain gambar, warna, dan cerita yang disajikan, soft book bayi ini biasanya disertai pendukung lain. Misalnya, cermin, sejumlah tekstur bahan, hingga beberapa bagian yang bisa ditarik dan dimainkan sehingga bayi pun akan lebih tertarik untuk memainkannya.

4. Mainan Pencet

Mainan pencet adalah mainan yang mengeluarkan bunyi saat dipencet. Mainan yang mengeluarkan bunyi saat dipencet ini umumnya terbuat dari bahan plastik atau karet dengan bentuk yang beraneka ragam. Mainan ini berguna untuk mengajarkan sebab dan akibat kepada bayi serta untuk merangsang motorik dan kognitif pada bayi.

Kamu dapat membelikan mainan yang tersedia dalam beraneka bentuk ini. Bisa dalam bentuk boneka, hewan, dan lain sebagainya. Pada umumnya, mainan ini berbentuk bebek dengan warna-warna yang mencolok. Hal itu dibuat agar si kecil tertarik. Ketika memencet mainan tersebut, bayi akan mendengar suaranya, dan melakukannya berulang kali sehingga mainan ini akan mengajarkan hubungan sebab dan akibat kepada anak karena dengan dipencet mainan ini dapat menghasilkan bunyi. 

5. Bola Plastik

Bola menjadi mainan yang selalu menarik perhatian anak-anak. Begitu juga dengan bayi. Bayi 6 bulan akan sangat tertarik dengan bola karena mudah untuk dimainkan. Mainan ini bisa dimainkan dengan berbagai cara.  Mulai dari menggelindingkannya hingga melemparkannya. Pada umumnya, penggunaan bola untuk bayi berusia 6 bulan dilakukan dengan cara menggelindingkannya ke arah yang berbeda dari tempat bayi berada. Kemudian bayi pun akan berusaha bergerak untuk mengambilnya.

Dengan demikian hal ini dapat melatih interaksi anak dengan teman mainnya dan juga melatih pergerakan tangan serta kakinya pada saat ia merangkak untuk mengambil bola. Bola untuk bayi berusia 6 bulan ini sebaiknya bola yang terbuat dari plastik agar aman digunakan saat dilempar. Bola pun sebaiknya dipilih yang berukuran sedang dan memiliki tekstur yang empuk. 

Pada usia 6 bulan bayi sudah menunjukkan banyak gerakan baru yang akan membuat senang untuk diperhatikan, seperti melambaikan tangan saat akan pergi atau menggelengkan kepala saat menolak sesuatu. Mainan untuk bayi berusia 6 bulan pun akan sangat dibutuhkan untuk merangsang perkembangan, terutama kognitif dan motoriknya.

Berilah bayi mainan yang aman dengan kualitas yang bagus agar nyaman untuk digunakan. Kamu dapat membeli mainan tersebut di Toys City dengan Atome. Berbelanja di Toys City sangat lengkap dan berkualitas apalagi jika kamu menggunakan Atome, kamu akan  mendapatkan banyak keuntungan serta kemudahan dalam berbelanja.