Blog

Tips Menjaga Sepatu Kulit Asli Bisa Tetap Awet Dan Kinclong

Oct 29 2021

Sepatu menjadi salah satu benda yang punya daya tarik tersendiri bagi yang memakainya. Sepatu dengan bahan kulit biasanya memiliki daya pikat tersendiri, beda dengan sepatu dari bahan lainnya. Selain teksturnya yang bisa dikatakan nyentrik, jenis sepatu kulit biasanya sangat nyaman ketika digunakan.

Sepatu jenis kulit ini biasanya memiliki kemampuan mengikuti bentuk kaki, guys. Jadi bisa dikatakan kalau sepatu dari kulit ini bisa membantu kulit kaki kamu tetap bisa bernapas dengan maksimal. Makanya tak heran kalau jenis sepatu kulit merupakan jenis sepatu yang terbilang cukup mahal. Tapi hal ini tidak membuat orang jadi segan membeli, malah banyak sekali orang yang tidak sayang mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli sepatu kulit kesayangan.

Untuk soal perawatannya, merawat sepatu kulit ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dan rupanya kamu harus benar-benar memperhatikan tata cara perawatan sepatu kulit kamu. Karena kalau kamu bisa melakukan perawatannya dengan maksimal, maka kamu sama saja sedang melakukan investasi jangka panjang.

Sebenarnya tidak susah untuk melakukan perawatan sepatu jenis kulit ini, yang paling penting adalah kamu harus benar – benar rajin melakukan perawatan jenis sepatu ini. Kenapa harus begitu? Karena sepatu dari jenis kulit ini memang memiliki cara perawatannya tersendiri, dan tentunya berbeda dengan merawat sepatu berbahan lain. Biar kamu tidak kebingungan melakukan perawatan sepatu kulit, yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Cara merawat sepatu kulit yang benar

1. Usahakan tidak memakai sepatu kulit selama berhari-hari

Ketika kamu menggunakan sepatu jenis kulit, kamu memang tidak bisa menyamakannya pada saat menggunakan sepatu jenis lainnya. Jenis sepatu kulit ini tidak bisa digunakan untuk berhari – hari. Kamu dianjurkan untuk menggunakan sepatu lain secara bergantian. Jadi sepatu tersebut bisa beristirahat agar terhindar dari kelembapan.

2. Hindarkan sepatu kulit dari air dan keadaan lembap

Sepatu kulit harus terhindar dari tingkat kelembapan yang tinggi. Makanya ketika sepatu kamu basah atau terkena percikan air, kamu harus mengeringkannya dengan sempurna. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberikan gumpalan kertas koran kering di bagian dalamnya.

Selain itu kamu bisa mengangin – anginkan sepatu tersebut. Dan yang terutama, jangan pernah mengeringkan sepatu jenis kulit di tempat yang panas. Sepatu yang dikeringkan di bawah terik sinar matahari bisa mengakibatkan kulit sepatu menjadi kering dan retak.

3. Memakai pengganjal khusus sepatu

Untuk mempertahankan bentuk sepatu kulit, kamu bisa menggunakan pengganjal dari kayu aras, atau yang disebut juga cedarwood. Jenis pengganjal ini juga bisa membantu kamu menangkal serangan bau yang tidak terkendali. Jadi bau sepatu yang biasanya timbul akan diserap oleh pengganjal yang satu ini, sekaligus juga mampu menjaga kelembapannya.

4. Mengeluarkan sepatu 2 minggu sekali

Yang berikutnya adalah, kamu harus sering untuk mengeluarkan sepatu tersebut, minimal 2 minggu sekali dari kotak sepatunya. Mengeluarkan sepatu dua minggu sekali diyakini bisa meminimalisir sepatu menjadi lembap. Kalau sepatu kulit diletakkan di tempat yang lembap secara terus – menerus, maka sepatu kulit kamu bisa jadi akan berjamur dan mengelupas. Jadi, kalau kamu ingin terbebas dari permasalahan tersebut, kamu harus menjemurnya selama dua minggu sekali.

5. Mengoleskan dengan lotion pelembap badan

Ada juga cara lain untuk menjaga sepatu kulit kamu agar tidak gampang rusak. Yang harus dilakukan adalah menggunakan lotion pelembap badan untuk membersihkan sepatu kulit. Caranya gampang saja, ambil handuk dan oleskan sedikit lotion pelembab badan ke atas handuk. Gosokkan perlahan-lahan ke seluruh permukaan kulit agar tak merusak sepatu. Kemudian bersihkan sepatu dengan kain lain secara menyeluruh hingga mengkilat. Untuk hasil lebih maksimal, angin – anginkan sepatu selama beberapa menit.

Oh ya, hindari membersihkan sepatu kulit yang kotor dengan lap basah, karena kalau kamu terus melakukan hal ini, kamu bisa membuat kulit sepatumu menjadi pecah dan rusak.

Jika sepatu kulit kamu benar-benar sangat kotor, kamu bisa merendamnya dengan air panas. Usap – usap sepatu kulit tersebut sampai bersih. Lalu keringkan sepatu tersebut dengan bantuan kipas angin.

6. Menyemir sepatu dengan gerakan satu arah

Sepatu kulit yang baik perlu untuk disemir setiap beberapa waktu. Jika kamu ingin menyemir sepatu kulit, kamu bisa melakukan dengan penuh hati-hati. Menyemir sepatu bisa membuat warna menjadi lebih cemerlang, namun perlu diingat, menyemir sepatu dengan cara yang salah ternyata bisa membuat warna sepatu kulit menjadi rusak. Yang bisa kamu lakukan adalah menyemir sepatu dengan gerakan satu arah. Dengan menyemir sepatu secara searah, hal ini akan menghasilkan warna yang alami.

Inilah beberapa cara yang tepat untuk merawat sepatu kulit dengan benar. Kamu harus benar – benar melakukan perawatan tersebut dengan benar. Jangan sampai kamu salah melakukan perawatan, dan berakibat fatal bagi sepatu kulit kamu.

Untuk urusan pembeliannya, kamu disarankan untuk membeli sepatu kulit di merchant yang telah terpercaya. Misalnya saja seperti di merchant Buccheri. Sepatu kulit keluaran Buccheri adalah sepatu kulit yang cocok untuk kamu gunakan saat beraktivitas. Selain awet, sepatu keluaran merchant yang satu ini juga sangat ramah di kantong, dijamin tidak akan bikin dompet kamu melompong.

Untuk mendapatkan produk keluaran Buccheri, kamu bisa membelinya secara offline di store Buccheri yang tersedia di pelosok Indonesia, atau kamu juga bisa mendapatkannya secara online di www.buccheri.com. Tinggal pilih saja model yang kamu suka, karena semua sepatu kulit yang dijual di sini adalah sepatu kulit lokal terbaik yang pernah ada.

Ketika melakukan transaksi saat akan membeli sepatu kulit di Buccheri, jangan lupa pakai Atome sebagai metode pembayarannya. Karena dijamin aka nada banyak sekali diskon yang bisa kamu nikmati dengan Atome. Untuk bisa melihat promo yang sedang booming, kamu bisa melihatnya di www.atome.id atau kamu bisa mengunjungi Instagram Atome di Atome.id. Tunggu apalagi?