Blog

Tips Tepat Memilih Manga Bahasa Inggris Untuk Dibaca Anak

Sep 29 2021

Hobi membaca memang memberikan banyak manfaat. Selain bisa menjadi lebih kreatif, daya imajinasi juga berkembang lebih baik. Membaca bisa juga dilakukan untuk membuat otak dan pikiran lebih fresh, terutama jika dilakukan di kala waktu senggang.

Komik merupakan salah satu bacaan yang menjadi favorit banyak orang. Komik hadir dengan penuh gambar sehingga banyak yang lebih menyukai membaca komik ketimbang novel. Nah, berbicara soal komik, pastinya tidak bisa lepas dari komik alias manga.


Pembaca dari manga sendiri sudah banyak dan bahkan berasal dari penjuru dunia. Bacaan manga menjadi sangat populer berkat gambarnya yang bagus dan juga ceritanya yang seru. 

Ada banyak genre yang dihadirkan oleh manga. Mulai dari genre aksi hingga petualangan, semua jangan sampai kamu lewatkan. Kamu yang suka kisah cinta yang manis, bisa memilih genre percintaan, sementara bagi kamu yang tak bisa hidup tanpa komedi, tentu kamu bisa memilih manga dengan genre komedi. Ada juga loh genre lain yang tak kalah seru seperti misteri, horor, hingga fiksi sains.

Bagi anak, membaca komik merupakan salah satu cara untuk menyalurkan hobi membaca saat mengisi waktu luang. Jika orang tua ingin memberi bacaan komik kepada anak, orang tua tetap perlu berperan aktif dalam memilih komik untuk anak-anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat menikmati bacaan yang tepat sasaran. Dengan memilih komik yang tepat, minat baca dan budaya literasi anak dapat tertanam sejak dini. 

Ada sejumlah poin yang sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum membeli komik untuk anak-anak. Perhatikan tips memilih di bawah ini ya, dan temukan komik yang paling tepat untuk si buah hati.

1. Kenali Asal Negara  

Asal negara suatu komik dapat menjadi poin pertimbangan sebelum kamu membeli manga untuk anak. Setiap negara memiliki kebudayaan berbeda yang biasanya dituangkan ke dalam cerita komik. Komik lokal umumnya menggambarkan kebudayaan asli Indonesia yang lekat dengan keseharian pembaca. Dengan memilih komik lokal, kamu dapat mengajarkan anak untuk lebih mencintai budaya nusantara. 

Sementara itu, komik dari negara lain dapat menjadi media pengenalan budaya selain dari Indonesia. Sejumlah negara memiliki ciri khas dalam pembuatan komiknya. Sebagai contoh, Jepang populer dengan manga buatannya. Selain memperkenalkan budaya, komik internasional dengan bahasa aslinya dapat menjadi media pembelajaran bahasa asing bagi anak.

2. Pilih Genrenya

Ada banyak sekali genre komik untuk anak yang ditawarkan di pasaran. Untuk menambah wawasan anak, kamu dapat memilih komik bertema pendidikan dengan bahasa yang ringan dan gambar menarik. Genre lain yang lebih spesifik, misalnya sains, agama, atau sejarah, dapat pula menjadi pilihan untuk dijadikan media pembelajaran.

Untuk mengisi waktu luang, kamu dapat memilihkan komik bergenre fantasi dan komedi. Sebisa mungkin, pilihlah cerita yang dekat dengan keseharian sehingga terasa realistis dan akrab. Selain itu, kamu juga perlu mendampingi si kecil saat membaca komik agar dapat membedakan antara fantasi dengan realita. Akan lebih mudah untuk memilihnya bila anak sudah menemukan minatnya terhadap suatu genre. Namun, tetap pastikan bahwa genre yang disukai si kecil aman untuk anak seusianya ya.

3. Cari Tahu Sinopsis Ceritanya

Membaca sinopsis dan review sebelum membeli manga dapat memberikan gambaran terhadap ceritanya. Kamu perlu memastikan bahwa cerita manga atau komik yang akan dibeli dapat dipahami oleh si kecil. Hindari pemilihan komik yang menggunakan bahasa rumit.

Kamu bisa memilih komik yang mencerminkan pesan moral sehingga dapat sekaligus membentuk karakter si kecil. Nilai-nilai moral yang sering ditampilkan di komik anak antara lain persahabatan, kejujuran, dan keberanian. Bila kamu masih bingung menentukannya, kamu dapat mencoba untuk memilih manga  best seller yang mendapat review positif dari pembaca lain. 

4. Pilih Manga Sesuai Usia

Selain berdasarkan alur ceritanya, jangan lupa untuk memperhatikan isi manga secara visual. Pastikan komik pilihanmu tidak mengandung materi yang kurang pantas untuk dibaca anak-anak. Materi yang kurang tepat untuk anak-anak antara lain kekerasan, bahasa yang kasar, seks, serta menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan). 

Kamu dapat mencari tahu berdasarkan penulis atau komikusnya agar lebih mengenal karyanya. Periksalah apakah komikus tersebut memiliki latar belakang yang baik dalam menulis karya untuk anak-anak. 

Komik memang lebih direkomendasikan untuk anak yang sudah mulai lancar membaca, karena perlu waktu untuk memindai gambar dan tulisan, khususnya manga Inggris. Karena itu, banyak komik yang ditargetkan untuk anak berusia enam tahun ke atas atau usia SD. Sejumlah komik telah mencantumkan target pembacanya secara spesifik. Akan tetapi, kamu tetap perlu menyeleksi produk yang cocok bagi si kecil. 

Bagaimana, cukup menarik bukan? Poin-poin di atas dapat menjadi pertimbanganmu sebelum membeli komik atau manga Inggris untuk anak-anak agar anak dapat menikmati bacaan. Dengan memilih komik yang tepat, minat baca dan budaya literasi anak dapat tertanam sejak dini, tetapi juga mampu memberikan manfaat sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Nah, untuk kamu yang bingung di mana tempat yang tepat untuk membeli komik atau manga Inggris yang tepat, kamu bisa coba membelinya di iStyle melalui www.iStyle.id. IStyle menjual berbagai produk salah satunya yaitu manga atau komik. Kamu bisa memilih manga atau komik yang tepat di sana. Jangan lupa ya untuk selalu menggunakan metode pembayaran dari Atome saat berbelanja di iStyle. Berbelanja di Atome menggunakan iStyle cukup menguntungkan karena banyak penawaran menarik. Yuk, beli manga Inggris di iStyle menggunakan Atome!