Waspada penipuan di era digital

oleh rwt

Aug 18 2023

Hai Atomees! Waspadalah terhadap berbagai modus penipuan yang sangat beragam dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Waktunya perluas wawasan dan selalu berhati hati dengan berbagai hal terkait transaksi keuangan.


Apa aja sih modus penipuan melalui digital yang biasanya dilakukan oleh para penipu phising, fraud dan social engineering?

Akun layanan konsumen palsu

Penipu membuat akun media sosial palsu yang mengatasnamakan Atome. Akun palsu biasanya akan muncul menghubungi setelah Atomees menyampaikan keluhan di kolom komentar. Penipu akan menawarkan penyelesaian keluhan Atomees dengan mengarahkan ke tautan, situs web dan aplikasi palsu atau meminta Atomees memberikan data pribadi.

Info perubahan tarif layanan, tarif transaksi dan tarif tambahan

Penipu menyampaikan informasi terkait penawaran perubahan tarif yang lebih murah dan seakan-akan pihak resmi Atome. Penipu meminta Atomees mengisi tautan formulir yang meminta data pribadi seperti PIN, OTP, CVV dan kata sandi.

Tawaran membantu proses pengajuan Atome Card secara cepat

Penipu menawarkan iklan di media sosial dengan merayu Atomees untuk mendapatkan Atome Card secara mudah, cepat, singkat dengan berbagai promosi palsu. Penipu akan memita Atomees untuk mengisi data pribadi seperti nomor kartu ATM, NIK serta berbagai informasi pribadi lainnya. Tidak berheti di situ, pelaku akan meminta Atomees untuk melalukan transfer uang ke rekening, virtual akun maupun e-wallet yang mengatasnamakan Atome. Yang mana faktanya pihak Atome tidak pernah melakukan hal tersebut.

Itu dia beberapa kegiatan penipuan di media sosial yang marak terjadi dan harus diwaspadai. Kejahatan ini memanipulasi kondisi psikologis Atomees karena menguras uang tanpa kita sadari. Untuk mengetahui tips menghindari modus penipuan di era digital, silahkan baca di sini ya Atomees!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.


Hubungi Atome melalui:

Instagram: @Atome.id

CS Atome Indonesia: 021-50251717

Email Atome Indonesia: support@atome.id

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Atome Finance Indonesia
Treasury Tower Lantai 16 Unit J
Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53
Lot 28, Senayan, Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI
Jakarta, 12190
PT Atome Finance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Atome Finance Indonesia
Email: support@atome.id
Atome paylater: (021) 50251717
Atome card: (021) 50711722

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010