Waspada penipuan di era digital

by rwt

Aug 18 2023

Hai Atomees! Waspadalah terhadap berbagai modus penipuan yang sangat beragam dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Waktunya perluas wawasan dan selalu berhati hati dengan berbagai hal terkait transaksi keuangan.


Apa aja sih modus penipuan melalui digital yang biasanya dilakukan oleh para penipu phising, fraud dan social engineering?

Akun layanan konsumen palsu

Penipu membuat akun media sosial palsu yang mengatasnamakan Atome. Akun palsu biasanya akan muncul menghubungi setelah Atomees menyampaikan keluhan di kolom komentar. Penipu akan menawarkan penyelesaian keluhan Atomees dengan mengarahkan ke tautan, situs web dan aplikasi palsu atau meminta Atomees memberikan data pribadi.

Info perubahan tarif layanan, tarif transaksi dan tarif tambahan

Penipu menyampaikan informasi terkait penawaran perubahan tarif yang lebih murah dan seakan-akan pihak resmi Atome. Penipu meminta Atomees mengisi tautan formulir yang meminta data pribadi seperti PIN, OTP, CVV dan kata sandi.

Tawaran membantu proses pengajuan Atome Card secara cepat

Penipu menawarkan iklan di media sosial dengan merayu Atomees untuk mendapatkan Atome Card secara mudah, cepat, singkat dengan berbagai promosi palsu. Penipu akan memita Atomees untuk mengisi data pribadi seperti nomor kartu ATM, NIK serta berbagai informasi pribadi lainnya. Tidak berheti di situ, pelaku akan meminta Atomees untuk melalukan transfer uang ke rekening, virtual akun maupun e-wallet yang mengatasnamakan Atome. Yang mana faktanya pihak Atome tidak pernah melakukan hal tersebut.

Itu dia beberapa kegiatan penipuan di media sosial yang marak terjadi dan harus diwaspadai. Kejahatan ini memanipulasi kondisi psikologis Atomees karena menguras uang tanpa kita sadari. Untuk mengetahui tips menghindari modus penipuan di era digital, silahkan baca di sini ya Atomees!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.


Hubungi Atome melalui:

Instagram: @Atome.id

CS Atome Indonesia: 021-50251717

Email Atome Indonesia: support@atome.id

Main keywords of the article:

First Order up to 10% off
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia cooperates PT Atome Finance Indonesia which is licensed and supervised by Otoritas Jasa Keuangan

Consumer Complaints Service
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Directorate General of Consumer Protection and Orderly Commerce
Ministry of Trade of the Republic of Indonesia
Whatsapp Directorate General of PKTN: 0853 1111 1010