Blog

10 model rambut cepak pria keren ala militer

Jul 13 2022

Model rambut cepak adalah salah satu potongan rambut pria paling praktis yang digemari oleh banyak kaum adam. Gaya rambut pendek ini dihasilkan dari alat cukur elektrik yang sering dipakai anggota militer di berbagai negara, termasuk TNI. Tak heran, banyak orang menyebutnya model rambut cepak TNI. Gaya rambut tentara ini punya banyak kelebihan. Mulai dari kepala terasa lebih ringan, tampak awet muda, perawatan mudah, serta mengurangi rambut rontok. Meskipun sekilas sama, ternyata model rambut cepak juga punya banyak variasi. Seperti beberapa model rambut cepak tentara keren berikut ini.

1. Crew Cut: Model Rambut Cepak Yang Populer Sejak Abad Ke-18

Crew cut punya ciri khas berupa potongan cepak yang tipis di bagian samping dan memanjang di bagian depan. Model rambut ini telah populer sejak abad ke-18 dan masih sering dijadikan gaya rambut anggota militer hingga kini karena kepraktisannya. Crew cut juga cocok untuk pemilik rambut ikal, karena dapat menciptakan volume rambut yang pas. Saat ini ada dua jenis crew cut, yaitu:

  • Versi Eropa: panjang rambut yang seragam di seluruh bagian kepala, yaitu tidak melebihi 1,5 cm.
  • Versi Amerika: rambut bagian samping dan belakang dibuat lebih tipis dan bagian atasnya dibiarkan panjang hingga 2 cm.  

2. Side Part: Potongan Rambut Cepak TNI Yang Stylish

Jika mencari potongan rambut cepak yang lebih bergaya, side part bisa menjadi pilihan terbaik. Ciri khasnya yaitu adanya alur menyisir ke samping serta belahan rambut yang ada di samping kepala. Jika ingin memotong rambut dengan model ini, sebaiknya minta kapstermemperjelas belahan rambut menggunakan clipper. Secara keseluruhan tampak rapi, namun tetap membuatmu terlihat lebih stylish dan tampak lebih muda.

3. Line Up Hair Cut: Gaya Rambut Simpel Ala Zayn Malik

Buat kamu yang suka berpenampilan simpel, coba tiru potongan cepak ala Zayn Malik ini. Ciri khasnya terletak pada garis tegas yang sengaja dibentuk serta potongan yang sangat tipis, terutama pada bagian samping dan bawah. Cara penataan gaya rambut ini juga sangat praktis, karena tak perlu mengatur poni atau belahan rambut. Menyisirnya pun tak perlu terlalu sering, cukup menambahkan pomade agar tampak berkilau. Tak heran, banyak pria memilih model rambut ini agar tak perlu lama – lama berdandan.

4. Ivy League: Cepak Tentara Yang Menampilkan Kesan Cerdas

Kalau model rambut cepak yang satu ini sudah dimodifikasi jadi lebih kekinian. Sekilas mirip seperti crew cut, namun model rambut dibuat cukup panjang di bagian atas. Lalu bagian sampingnya tipis dan sisi belakang lebih pendek. Awalnya, potongan rambut ini eksis selama Perang Dunia II. Lalu semakin populer pada tahun 1950an, terutama di kalangan perwira atau personel militer berpangkat tinggi. Sebab, gaya rambut ini menampilkan kesan serius dan cerdas. Gaya rambut ini cocok untuk pria dengan rahang tegas.  

5. Buzz Cut: Potongan Cepak Yang Cocok Untuk Semua Jenis Rambut

Model rambut ala tentara yang satu ini cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis rambut, baik itu rambut lurus maupun ikal, dan bergelombang. Kesan rapi dari potongan rambut ini berasal dari teknik mencukur dengan menghabiskan seluruh bagian rambut. Lalu hanya menyisakan 1-2 cm untuk menambah volume. Sebaiknya minta kapster menyesuaikan potongan dengan bentuk wajah dan tidak perlu menggunakan attachment pada clipper agar hasilnya pendek sempurna. Model rambut buzz cut terasa nyaman di berbagai kesempatan, terutama saat cuaca panas, karena tidak bikin gerah.

6. Butch Cut: Gaya Rambut Cepak Militer Yang Membuatmu Terlihat Tegas

Potongan rambut model cepak yang keenam ini juga sering dipakai anggota militer, khususnya para tentara muda yang baru bergabung akademi. Tampilannya terlihat sangat umum dengan potongan super pendek dan tipis. Sekilas mirip dengan buzz cut, namun butch cut tampak lebih pendek dari buzz cut. Model rambut yang juga sering disebut dengan jarhead ini cocok untuk berbagai bentuk wajah. Mulai dari oval, persegi, atau hati, dan oval. Rahang pun akan terlihat lebih tegas jika menggunakan potongan rambut ini.

7. Pompadour Military: Model Rambut Tentara Klasik Dan Elegan

Berbeda dengan beberapa gaya rambut sebelumnya yang simpel dan tak perlu banyak styling, model rambut pompadour military butuh penataan khusus. Untuk menatanya, pastikan volume rambut bagian atas jauh lebih banyak daripada bagian samping. Namun, jangan biarkan rambut di bagian samping terlalu tipis. Selanjutnya, gunakan pomade dan sisir rambut ke belakang atau ke samping rambut bagian atas. Gaya rambut cepak klasik ini pun bisa membuatmu tampak elegan dan kharismatik.

8. French Crop: Gaya Rambut Cepak Berponi Yang Maskulin

French crop memiliki konsep taper fade atau undercut yang punya ciri khas tatanan super rapi pada bagian atasnya. Yang membuatnya tampak menarik yaitu adanya poni yang agak panjang sebagai pemanis. Model poni yang lebih panjang pada model rambut ini punya guntingan variatif, mulai dari textured hingga chop. Dengan memakai model rambut ini, kamu akan terlihat semakin keren dan maskulin. Banyak juga idol K-pop yang memakai potongan rambut ini saat bermain drama atau tampilan sehari – hari.

9. Caesar Cut: Potongan Rambut Keren Dengan Poni Super Pendek

Hampir mirip dengan french crop, namun model poninya dibuat super pendek. Model ini cocok buat kamu yang ingin tampil dengan rambut pendek, namun tidak terlalu ingin terlihat seperti potongan ala militer. Teknik guntingan pada poni caesar cut cenderung rata, namun tetap terlihat keren untuk berbagai tipe rambut. Lalu penipisan pada bagian samping rambut juga terlihat lebih ekstrem daripada french crop. Dengan begitu perawatannya pun menjadi jauh lebih mudah, baik saat keramas maupun styling sehari – hari.

10. High And Tight Cut: Cepak TNI Ala Prajurit Angkatan Laut Amerika

Rekomendasi terakhir, ada model high and tight cut yang sangat identik dengan potongan para prajurit angkatan laut Amerika. Potongannya tinggi dan ketat, sehingga menampilkan model rambut yang sangat rapi di semua sisi. Bahkan, beberapa helai rambut nyaris habis, terutama di bagian belakang dan samping rambut. Potongan ini dapat memberikan kesan runcing pada kepala, jadi pastikan kapster memotong rambutmu dengan tetap menyesuaikan bentuk wajah.

Tertarik potong rambut cepak ala militer? Langsung datang ke Irwan Team Hair Design yang berpengalaman dalam cutting and styling rambut. Timnya terdiri dari anggota yang profesional dan hasilnya dijamin super keren. Kamu juga bisa menikmati layanannya dengan menggunakan Atome. Jadi, kamu bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% dengan tenor 1 sampai 12 bulan. Cicilannya juga bebas DP dan biaya admin, sehingga cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi. Menariknya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif atau promo spesial lainnya yang bikin belanja jadi lebih menyenangkan. Download dan pakai Atome sekarang juga untuk bertransaksi di lebih dari 6.500 merchant yang bekerjasama.

Main keywords of the article: