Blog

Cara mudah membuat model comma hair ala Korea

Jun 27 2022

Bukan hanya gaya berpakaian ala Korea yang kini menjadi tren. Potongan rambut khas Korea pun tak luput jadi perhatian. Salah satunya adalah gaya rambut pria Korea yang sering ditampilkan para selebriti Korea di film, layar kaca, panggung, hingga kesehariannya mereka. Saat mencari tahu gaya rambut pria Korea terpopuler, nama comma hair menjadi yang paling sering sering direkomendasikan. Gaya rambut simpel ini sering menjadi andalan para aktor ketika bermain drama Korea. Sebut saja, comma hair ala Kim Seon Ho dalam drama Start-Up atau Park Seo-joon dalam drama What’s Wrong with Secretary Kim. Wajah ganteng kedua aktor tersebut semakin memancar dengan comma hair yang terlihat keren. Tertarik mencobanya juga? Simak apa itu comma hair, contoh inspirasi, dan tutorialnya berikut ini.

Apa Itu Comma Hair?

Sesuai namanya, model comma hair adalah potongan rambut yang membiarkan poni berbentuk tanda koma terbelah menjadi dua bagian. Potongan rambut ini sendiri sebenarnya bukan haircut asli dari Korea. Gaya ini telah populer hampir di seluruh dunia dengan nama – nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya mirip dengan curtain haircut. Namun, bagian belakang comma hair tampak lebih rapi dan proporsi belahan ke samping. Itulah mengapa banyak pemilik comma hair yang terlihat lebih rapi, dewasa, dan charming.

Seiring banyaknya artisKorea yang menggunakan gaya rambut ini di berbagai kesempatan menjadikan comma hair lekat sebagai gaya rambut khas Korea. Gaya rambut ini sendiri sebenarnya cukup fleksibel untuk diaplikasikan pada semua bentuk wajah. Penataannya cukup simpel, namun dapat menghasilkan tampilan yang mengagumkan.

Comma hair mampu menjadikan proporsi wajah lebih seimbang, terutama untuk mengalihkan fokus pada kening yang lebar berkat lengkungan poni rambut. Namun, comma hair akan lebih mudah diterapkan pada pemilik rambut lurus dan tidak terlalu kering. Gaya rambut ini juga lebih mudah diaplikasikan pada orang yang volume rambutnya tidak terlalu tipis atau lepek. Karena salah satu ciri khas potongan ini yaitu style poni yang dibentuk mirip tanda koma.

Inspirasi Comma Hair

Comma hair terdiri dari beragam style berbeda yang bisa kamu sesuaikan menurut model asli rambutmu. Sebagai inspirasi, kamu bisa meniru beberapa gaya comma hair terpopuler dari sejumlah selebriti Korea berikut ini.

1. Classic Comma Hair

Gaya ini merupakan model comma hair paling awal yang berfokus pada poni membentuk tanda koma di bagian depan. Sementara bagian belakang rambut dibiarkan rapi seperti yang ditunjukkan Gong Yoo dalam film Train to Busan.

2. Comma Hair Two Block

Kalau gaya rambut yang satu ini merupakan kombinasi two block dan comma hair. Model two block fokus pada potonganrambut pendek dan rapi, baik di sisi samping maupun belakang. Lalu comma hair menampilkan poni berbentuk koma yang menutup bagian kening. Pemilik gaya rambut ini pun tampil lebih berkharisma dan dewasa. Seperti penampilan Kim Seon Ho dalam drama Start-Up.

3. Textured Comma Hair

Gaya comma hair ini dibuat dengan volume rambut lebih tebal. Lalu rambut dipotong sasak hingga menimbulkan tekstur ke dalam. Hasil akhirnya menjadikan kamu terlihat lebih fresh dan macho.

4. Comma Hair With Undercut Layer

Gaya comma hair juga tampak cool saat dipadukan dengan model undercut yang sangat ikonik. Potong rambut bagian samping secara rapi, lalu tipiskan untuk menambah kesan yang lebih fresh. Jangan lupa akhiri dengan style poni yang dicatok atau di-blow ke dalam membentuk lengkungan seperti tanda koma. Kamu bisa meniru gaya rambut Doh Kyung Soo (D.O) EXO untuk meniru comma hair dengan undercut style ini.

5. Comma Hair Ikal

Meskipun comma hair lebih cocok untuk pemilik rambut lurus, namun model rambut ini juga bisa diterapkan untuk rambut ikal. Dengan model ini, volume rambut yang tebal menjadikannya tampak lebih fresh. Meskipun ditata sedikit acak dan berantakan, namun look secara keseluruhan tetap mengesankan gaya rambut yang rapi. Seperti penampilan Chanyeol EXO dengan comma hair-nya yang sangat keren ini.

Tutorial Comma Hair

Setelah mengetahui beberapa inspirasi comma hair, sekarang waktunya mengaplikasikan potongan rambut tersebut. Caranya sangatlah mudah dan bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ikuti langkah – langkahnya berikut ini untuk menghasilkan comma hair keren ala artis Korea.

1. Belah Rambut

Langkah pertama, bagilah rambut dengan menggunakan ujung sisir bergigi rapat atau hair comb. Tarik garis lurus pada sisi kepala yang kamu inginkan, kemudian jepit bagian rambut tersebut untuk mempertahankan garis rambut. Lakukan secara perlahan agar hair look rapi secara keseluruhan.

2. Catok Ke Arah Dalam

Setelah rambut terbagi, ambil catok rambut dan aplikasikan ke rambutmu. Gunakan hair iron dengan pelat bundar atau yang bentuknya agak melengkung. Caranya, ambil rambut secukupnya, kemudian putar ujung rambut tersebut ke arah dalam. Sehingga menghasilkan ujung rambut wave dan bervolume. Ulangi langkah tersebut ke seluruh bagian rambut untuk menimbulkan siluet comma hair yang sempurna.

3. Sisir Dengan Jari

Jika sudah mencatok seluruh bagian rambut, gunakan jari untuk menyisir rambut secara natural. Sisir perlahan untuk memastikan rambut tampil rapi.

4. Bentuk Poni

Ingat, ciri khas comma hair terletak pada poni yang berbentuk koma di bagian depan. Kamu bisa mendapatkannya dengan membentuk C-Curl pada poni. Caraya, catok ujung poni dan masukkan ke arah dalam agar bentuknya sedikit melengkung seperti tanda koma. Langkah ini juga dapat menciptakan siluet comma hair dan menambahkan tekstur yang tampak natural.

5. Gunakan Pomade

Terakhir, gunakan pomade agar comma hair style yang telah kamu buat bertahan lama. Ambil pomade secukupnya, kemudian sisir rambut secara acak menggunakan jari. Meskipun gerakannya acak, namun tetap pastikan hasil akhir tampilan rambutmu tampak rapi dan tidak berantakan.

Cara bikin comma hair ternyata mudah sekali bukan? Ada banyak inspirasi comma hair yang bisa kamu tiru dari para aktor dan idol Korea. Tinggal pilih salah satu yang paling menarik dan aplikasikan pada rambutmu. Dapatkan comma hair impianmu dengan melakukan treatment di Irwan Team Hair Design yang berpengalaman bertahun – tahun dalam bidang hair styling. Jangan lupa juga lakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan produk – produk hair care terbaik di Sephora, Sociolla, iStyle, atau Padison.

Gunakan metode pembayaran Atome saat belanja di berbagai merchant ternama tersebut untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0%. Jadi, tak perlu mengkhawatirkan biaya lagi untuk tampil dengan rambut memukau ala Korea. Cukup bayar pakai Atome dan bayar  tagihan hingga 3 atau 6 bulan cicilan tanpa tambahan DP atau biaya admin. Untungnya lagi, kamu berkesempatan untuk mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 5.000 merchant lainnya yang telah bekerjasama. Tunggu apalagi, download Atome sekarang!

Main keywords of the article: