Blog

11 harga mikrofon terbaru untuk cover lagu yang bagus

May 25 2022

Hobi menyanyi dan meng-cover lagu – lagu populer dari artis terkenal? Jangan pendam bakatmu sendirian! Eksplorasi kemampuan bernyanyimu dengan aktif berkarya melalui berbagai platform yang ada, seperti YouTube, TikTok atau Instagram. Tinggal buat konten video cover lagu sekreatif mungkin dan unggah ke media sosialmu. Tapi, jangan asal bikin karya sembarangan. Buatlah karya semaksimal mungkin agar hasilnya juga maksimal. Salah satu hal yang perlu kamu siapkan adalah mikrofon khusus cover lagu. Pilih mikrofon terbaik yang dirancang khusus untuk karaoke ala studio. Seperti daftar rekomendasi mikrofon terbaik berikut ini.

1. Behringer XM8500

Sekilas desainnya mirip dengan mikrofon biasa. Namun, Behringer XM8500 telah dilengkapi dengan spesifikasi terbaik untuk menghasilkan cover lagu berkualitas. Mikrofon ini memiliki beberapa filter menarik, seperti filter suara napas dan suara berisik. Pola tangkapan suaranya cardioid dengan sensitivitas -70 dB. Desainnya pun ergonomis dan nyaman ketika digenggam dalam waktu lama. Menariknya lagi, brand asal Jerman ini juga dibanderol cukup terjangkau, mulai dari harga Rp 500.0000.

2. Behringer SL 75C

Masih dari merek Behringer, kali ini dengan harga lebih murah dan fitur – fitur yang tidak kalah keren. Mikrofon ini bisa menjadi andalan rekaman secara profesional di rumah, karena mampu menangkap suara dengan sensitivitas dan akurasi tinggi. Menggunakan pola tangkapan suara pickup cardioid untuk memisahkan sumber suara dan penolakan umpan balik. Alat ini juga telah menggunakan sistem shock mount terintegrasi dengan respon frekuensi ultra lebar. Menariknya lagi, Behringer juga melengkapinya dengan adaptor dudukan mikrofon dan tas jinjing yang tahan benturan. Dapatkan mikrofon ini mulai harga Rp 300.000 saja.

3. SHURE SM7B

Lanjut ke rekomendasi mic ketiga yang memang dirancang secara khusus untuk rekaman dan siaran di dalam studio. Mikrofon ini  dilengkapi filter napas dan suara bisik, serta fitur reject off-axis audio yang memungkinkan kamu bernyanyi dari berbagai arah. Suara yang dihasilkan pun tetap jernih dan terfilter dengan sempurna. Menggunakan pola tangkapan suara cardioid dengan sensitivitas -59 dB. Bobotnya cukup berat dibandingkan mic lainnya, yaitu 765 gram. Kamu bisa membelinya mulai dari harga Rp 9.868.000.

4. Shure SM-58LC

Jika ingin mendapatkan mikrofon Shure dengan harga lebih terjangkau, coba pilih seri SM-58LC ini. Mikrofon yang satu ini telah dilengkapi fitur pneumatic shock mount untuk mencegah masuknya suara yang tidak diinginkan. Kamu juga fleksibel dalam menentukan varian mic yang dilengkapi tombol on atau off atau tidak, serta pilihan wired microphone atau wireless. Selain memanfaatkannya untuk cover lagu di rumah, mikrofon dari Shure ini juga recommended untuk dipakai bernyanyi di atas panggung. Beratnya lebih ringan dari versi sebelumnya, yaitu 371,94 gram. Harganya juga lebih terjangkau, mulai Rp 2.000.000 saja.

5. Audio-Technica BP40

Pernah mengalami suara terdengar berbeda ketika menggunakan mic? Dengan menggunakan mikrofon ini, suaramu akan tetap terdengar sama seperti saat tidak memakai mic. Suara yang dihasilkan juga jernih dan sering direkomendasikan bagi para podcaster atau penyiar radio. Untuk cover lagu juga cukup bagus, terutama karena pola tangkapan suara yang digunakan adalah jenis hypercardioid dengan sensitivitas -48 dB. Dapatkan mikrofon ini mulai harga Rp 5.550.000.

6. Audio Technica AT2020

Audio Technica juga punya varian mikrofon lainnya yang lebih terjangkau, yaitu seri Audio Technica AT2020. Mikrofon condenser ini dirancang khusus sebagai mic studio dan merupakan rekomendasi yang bagus untuk cover lagu ala studio profesional. Selain menghasilkan suara super jernih tanpa adanya noise yang mengganggu, cara menggunakan mikrofon ini pun sangatlah praktis. Karena kamu bisa menyambungkannya ke perangkat PC atau laptop menggunakan USB. Harganya juga cukup terjangkau, mulai Rp 1.150.000.

7.  Blue Microphones Yeti USB Microphone

Rekomendasi yang satu ini merupakan salah satu varian mikrofon paling best seller dari merek Blue Microphones. Desainnya mirip alat perekaman klasik dengan kisi – kisi logam dan bingkai mengkilap ala mikrofon vintage. Namun, soal kualitas suara menggunakan  teknologi abad 21. Mikrofon ini menghasilkan rekaman berkualitas tinggi yang tidak kalah dari rekaman studio profesional. Memiliki empat pengaturan pola yang berbeda, yaitu cardioid, stereo, omnidirectional, dan bidirectional. Tentunya menawarkan fleksibilitas tinggi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain untuk rekaman di rumah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan mic perjalanan. Dapatkan mikrofon ini mulai harga Rp 2.500.000.

8. IK Multimedia iRig Voice Handheld Microphone

iRig Voice merupakan mikrofon vokal genggam yang mampu menghasilkan audio berkualitas tinggi. Desainnya ergonomis dan memberikan kenyamanan penuh bagi para penggunanya. Didesain dengan stand clip mikrofon standar dan menggunakan pola penangkapan suara cardioid, sehingga efektif untuk pickup voice jarak dekat. Pola penangkapan tersebut juga dapat meminimalisir feedback ketika digunakan dengan sistem speaker. Di dalamnya terdapat tombol on atau off slide switch untuk membisukan suara yang tak diinginkan serta dilengkapi dengan kabel yang kokoh. Harganya sekitar Rp 620.000 saja.

9. IK Multimedia iRig Mic HD Microphone, Black

Msih dari IK Multimedia, kali ini hadir dengan mikrofon digital condenser yang mampu menghasilkan rekaman audio digital HD. Kamu bisa menghubungkannya dengan iPhone, iPad, iPod touch, dan MacBook. Mikrofon ini dilengkapi dengan A/D converter 24-bit dan low-noise/high-definition pre-amp, sehingga menghasilkan rekaman suara berkualitas tinggi. Selain banyak dimanfaatkan para musisi cover, banyak juga podcaster, reporter, dan videografer yang menggunakannya untuk mendukung profesi mereka. Dapatkan mikrofon ini mulai harga Rp 2.090.000.

10. Mackie EM-USB Condenser Microphone

Mikrofon USB ini menghadirkan kualitas suara yang bagus untuk memproduksi podcast maupun cover lagu di rumah. Termasuk jenis mikrofon kondensor dengan konektivitas USB-C dan tidak memerlukan driver. Mikrofon ini juga menghasilkan output headphone dengan kontrol volume independen yang super nyaman. Alat ini juga dilengkapi fitur onboard gain control and mute dan konstruksi yang kokoh menggunakan Built-Like-a-TankTM. Kamu bisa membelinya dengan aksesori lengkap, berupa  dudukan tripod, klip mikrofon, dan kabel USB-C. Harganya mulai Rp 1.950.000.

11. Mackie EM-USB White Limited Condenser Microphone

Satu lagi rekomendasi mikrofon terbaik dari Mackie yang menggunakan konektivitas USB dan termasuk dalam jenis condenser mic. Alat ini menawarkan lima pola penangkapan suara profesional. Salah satunya adalah pola cardioid yang mampu menolak kebisingan periferal, sehingga suara yang dihasilkan tetap jernih. Mikrofon ini juga menggunakan pemantauan headphone onboard serta fitur onboard gain control and mute untuk memaksimalkan hasil rekaman. Dapatkan mikrofon ini lengkap dengan dudukan tripod, klip mikrofon, dan kabel USB-C seharga Rp 2.080.000.

Saatnya eksplorasi hobi dan bakat menyanyimu dengan aktif membuat konten video cover di YouTube atau platform lainnya. Pastikan semua kelengkapan bernyanyimu lengkap, terutama mikrofon. Pilih salah satu rekomendasi mikrofon terbaik dari berbagai merek mikrofon ternama di atas. Suara yang dihasilkan jernih, anti noise, dan tentunya menjadikan hasil cover lagumu jauh lebih keren. Belanja semua kebutuhan mikrofon dan alat musik terlengkap di Swee Lee, toko musik terdepan di Asia. Gunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% hingga 3 sampai 12 bulan. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan DP dan biaya admin. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan promo spesial lainnya dari 5.000 lebih merchant yang bekerjasama dengan Atome loh!

Main keywords of the article: