5 grup band legendaris dunia, siapa favoritmu?

Oct 17 2022

Hobi bernyanyi atau main alat musik? Kenapa tidak coba dikembangkan dengan rajin berkarya? Jika berkarya sendirian membuatmu ragu dan tak percaya diri, coba buat grup band dan berkarya bersama teman – teman yang sefrekuensi. Kamu pun bisa lebih eksplorasi musik dari beragam instrumen berbeda. Apalagi, eksistensi grup band di industri musik masih tetap populer dan digemari banyak orang, terutama oleh anak – anak muda. Bukan hal tak mungkin jika kamu pun bisa sukses bermusik dengan membentuk grup band.

Grup Band Legendaris Dunia

Buat kamu yang ingin berkarir lewat grup musik, tentu kamu harus tahu dulu daftar grup band legendaris di dunia. Mulai dari U2, The Rolling Stones, The Beatles, Nirvana, hingga Pink Floyd. Apa saja karya terbaiknya? Cek di bawah ini untuk tahu selengkapnya.

1. U2

U2 photographed by John Wright

U2 menjadi salah satu grup band legendaris yang eksis sejak era 80-an hingga sekarang. Beranggotakan Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr yang sukses menciptakan banyak lagu – lagu hit. Salah satu yang paling fenomenal berjudul “One”.

2. The Rolling Stones

Grup band yang beranggotakan Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Mick Avory, dan Dick Taylor ini menjadi salah satu ikon musik rock dunia. Banyak lagu hit yang telah dilahirkan, di antaranya adalah Brown Sugar, Paint In Black, dan Sympathy of the Devil.

3. The Beatles

Band asal Inggris yang disebut – sebut sebagai band terpopuler sepanjang masa. Band yang beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr ini juga menciptakan banyak lagu – lagu hit, seperti Yesterday, Let It Be, I Want to Hold Your Hands, dan masih banyak yang lainnya.

4. Nirvana

Band yang memulai karirnya lewat jalur indie dan langsung sukses di tahun 1991 saat merilis album “Nevermind” di tahun 1991. Beberapa lagu hit andalannya, yaitu Smells Like Teen Spirit dan Come As You Are.

5. Pink Floyd

Grup band ini pernah merajai chart musik tahun 70-an lewat lagu – lagu terkenalnya, seperti Wish You Were Here, Another Brick at the Wall, Money, dan yang lainnya.Kariernya semakin memuncak saat Pink Floyd merilis album The Dark Side of the Moon di tahun 1973.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Dalam Membentuk Grup Band?

Butuh persiapan matang sebelum membentuk sebuah grup band. Apalagi jika tujuan utamanya untuk karier profesional. Coba lakukan beberapa langkah dasar dalam membentuk grup band di bawah ini.

  • Kumpulkan beberapa personil yang memiliki visi sama di dunia musik. Umumnya, sebuah band memiliki komponen utama yang terdiri dari vokalis, gitaris, bassis, dan drummer. Jika sudah terkumpul, buat nama band dan tentukan tujuan bersama.
  • Siapkan peralatan musik sesuai kebutuhan band. Misalnya, gitar, bass, drum, mikrofon, keyboard, dan yang lainnya.
  • Rajin latihan musik bersama untuk mengasah skill sekaligus menciptakan karya. Misalnya, dengan meng-cover atau aransemen lagu dari penyanyi lain.
  • Ciptakan karya sendiri, baik itu berupa lagu, musik, atau bahkan album.
  • Lakukan rekaman dan coba tawarkan hasilnya ke label musik atau jual sendiri melalui platform dan komunitasmu.

Rekomendasi Alat Band Dari Swee Lee

Salah satu tips membentuk sebuah grup musik yaitu menyiapkan peralatan musiknya. Ibarat pertempuran, alat musik adalah senjata utamanya para musisi. Jika kamu masih meminjam alat musik orang lain, mulai sekarang coba beli alat musik sendiri agar bisa latihan secara maksimal. Temukan beragam alat musik incaranmu di Swee Lee, toko musik terbesar di Asia dengan pilihan terlengkap yang mencapai lebih dari 75 merek. Seperti beberapa rekomendasi produk terbaik Swee Lee Musika berikut ini.

1. Gitar Akustik – Takamine GY11ME Acoustic Natural Satin TP-4T Preamp

Gitar produksi Takamine yang cocok untuk memainkan musik blues akustik, fingerstyle, atau roots. Dilengkapi low gloss natural satin finish untuk menambah nuansa old-school. Ada juga beberapa fitur yang memudahkan transisi ke atas panggung, seperti elektronika TP-4T, equalizer dan chromatic tuner bawaan. Harga: Rp4.492.000.

2. Gitar Elektrik – Ibanez SA360NQM-SPB Electric Guitar

Gitar elektrik yang menghadirkan fleksibilitas dan memudahkanmu dalam memainkannya sesuai kenginan. Terdapat beberapa fitur keren, seperti clean rhythm, crunchy blues, hingga metal yang menggelegar. Tampilannya juga begitu keren dengan warna solid dan sentuhan serat kayu maple yang menawan dan finishing transparan. Harga: Rp6.336.000.

3. Bass – Fender Standard Jazz Bass Guitar

Bass dari Fender yang terkenal menghasilkan fleksibilitas tinggi, sehingga menjadi favorit banyak bassist profesional. Bass ini mengombinasikan bagian terbaik dari era lama dan baru, yaitu: pickup single-coil modern, medium jumbo fret, vintage-style bridge, dan lainnya. Ada juga tinted neck dengan rosewood atau maple fretboard. Harga: Rp10.800.000.

4. Keyboard – Yamaha DGX-670 B Stage Piano + L300 B Stand

Piano berkualitas tinggi dengan gaya pengiring otomatis yang canggih memberikan dukungan untuk beragam genre musik, seperti pop, R&B, dan jazz. Piano ini juga menghasilkan hingga 630 instrumen selain piano, seperti alunan piano elektrik, organ, string, hingga suara sintesa yang menarik. Harga: Rp9.775.000.

5. Mic – IK Multimedia iRig Voice Handheld Microphone

Mikrofon dengan desain ergonomis yang memberi kenyamanan penuh untuk dipakai selama berjam – jam. Alatnya dioptimalkan untuk reproduksi jangkauan frekuensi vokal, serta memanfaatkan pola cardioid untuk pickup voice jarak dekat yang meminimalisir feedback saat sistem speaker diaktifkan. Harga: Rp730.000.

6. Drum – TAMA SG52KH6C-SCP Stagestar 5-Piece Drum Kit

Merupakan drum kit terjangkau dari Tama yang dilengkapi banyak fitur bagus. Mulai dari pemegang tom omni-ball hingga perangkat keras ganda untuk meningkatkan stabilitas. Ada juga pedal drum, stand boom cymbal, stand hi-hat, dan yang lainnya. Harga: Rp6.900.000.

7. Bundle Rekaman – Mackie Performer Bundle

Paket khusus untuk memudahkanmu rekaman. Di dalamnya terdapat Mixer ProFX6v3 dengan fitur preamp mic Onyxultra-low noise, 24 efek built-in, serta perekaman dan pemutaran USB. Ada juga kelengkapan software atau perangkat lunak perekaman profesional dari Waveform OEM™ yang bisa memaksimalkan hasil rekamanmu. Harga: Rp5.100.000.

Lokasi Swee Lee Indonesia

Semua rekomendasi alat band dan peralatan musik terbaik lainnya bisa kamu dapatkan di gerai Swee Lee Jakarta. Lokasinya berada di Ruko Arteri Pondok Indah, Jalan Arteri Pondok Indah Kav. 77-78 No. 6, Jakarta Selatan. Jika tempat tinggalmu jauh dari lokasi tersebut, kamu masih bisa berbelanja secara online ke website resminya.

Belanja Lebih Praktis Pakai Atome!

Kebanyakan harga alat musik di Swee Lee memang tergolong tidak murah, karena mereka memang menawarkan kualitas. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada Atome yang bisa memberimu fasilitas cicilan 0% tanpa DP dan biaya admin. Jadi, cukup gunakan Atome saat bayar ke kasir atau online checkout. Nanti tinggal bayar tagihannya dengan cara mencicil sesuai nominal transaksi dengan tenor selama 1 hingga 12 bulan. Praktis sekali bukan? Makanya, segera download dan pakai Atome sekarang juga untuk bertransaksi di 6.500 lebih merchant yang bekerja sama. Dapatkan juga kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat.

Main keywords of the article: