5 Cara Merawat Sneakers Biar Makin Awet, Wajib Coba!

Jan 20 2022

Sepatu model sneakers memang menjadi favorit semua kalangan, mulai dari usia remaja hingga tua pasti punya koleksi sepatu model ini. Sneakers cukup disukai karena desainnya yang youthful, playful, versatile, dan menambah level ketampanan atau kecantikan pemiliknya. Apalagi kalau sudah dikombinasikan dengan atasan dan bawahan yang senada, seperti kaus polos dan celana jeans, beuh,makin keren deh!

Tapi yakin perawatan sneakers-mu sudah tepat? Jangan sampai beli mahal – mahal tapi tidak awet, ‘kan jadi rugi banyak! Demi mengatasi kecemasan itu, kami akan membagikan 5 cara merawat sepatu sneakers biar semakin awet dan terlihat baru! Gimana caranya? Daripada penasaran, langsung cek cara pertama di bawah ini.

1. Pelajari Bahannya

Tahukah kamu kalau sneakers memiliki bahan dasar yang bervariasi? Ya, faktanya, ada berbagai macam bahan dasar, mulai dari suede hingga denim. Yuk, kita kenalan satu – satu mulai dari suede.

Bahan dasar suede cukup populer dipakai sebagai bahan dasar pada sneakers karena tidak cepat panas, harganya relatif murah, dan cukup awet hingga lebih dari 5 tahun. Namun minusnya, bahan suede perawatannya cukup susah karena lebih tipis ketimbang bahan lainnya dan lebih rentan terkena kotoran.

Selanjutnya ada bahan dasar nubuck yang kalau dilihat sekilas mirip dengan suede, namun ternyata kalau diteliti lagi, teksturnya lebih halus, lembut, dan mengkilap. Sehingga wajar saja jika sneakers bahan nubuck dijual lebih mahal ketimbang bahan suede. Selain itu, ada juga bahan kanvas yang sangat disukai kaum milenial dan generasi Z karena ringan dan nyaman digunakan. Namun mirip dengan suede, kanvas juga mudah kotor, warna mudah memudar, dan rawan robek.

Terakhir ada bahan denim. Jika dilihat sekilas, bahan ini mirip dengan kanvas, tapi teksturnya lebih halus dan bobotnya lebih berat. Cara merawatnya juga lebih mudah karena cukup disikat dan dibilas dengan air hangat plus detergen saja. Tapi kekurangannya, bahan denim ini lebih cepat bau, sehingga saat mencucinya kamu harus menambahkan sedikit baking-soda pada larutan detergen.

2. Semprotkan Cairan Pelindung

Beberapa bahan sneakers yang mudah rusak seperti suede dan kanvas memerlukan perawatan khusus yaitu disemprot cairan pelindung agar tidak mudah kotor, dan warna serta motifnya tidak mudah memudar. Selain itu, cairan pelindung ini juga berfungsi untuk membuat sneakers kesayanganmu menjadi anti air dan noda. Bahkan jika bahan sepatumu bukan kanvas dan suede, sebaiknya gunakan cairan pelindung ini ya. Memangnya apa nama cairannya?

Kalau kita intip di marketplace, ada beberapa merek cairan pelindung yang terkenal seperti Aobo Super Hydrophobic Nano spray, Talas Water Repellent Spray, No Wet, dan Umbre Waterproof Spray. Untuk harganya bervariasi, mulai dari 100 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah. Cukup mahal kah? Tidak masalah asalkan sneakers tidak mudah rusak, setuju?

3. Sering Dipakai Dan Disimpan Dengan Benar

Tahukah kamu kalau semakin jarang digunakan, sneakers menjadi lebih cepat rusak? Ya, hal itu terjadi karena kesalahan saat menyimpan di rumah, sehingga jadi berjamur, dan lem lebih cepat mengering serta merenggang.

Kalau memang mager parah, kamu bisa mengakalinya dengan menyimpan sneakers di rak sepatu atau container bahan mika. Agar lem tidak mudah kering, kamu bisa mengganjal sepatu dengan kertas tebal seperti yang di toko – toko sepatu, plus tambahkan silica gel agar tidak mudah bau dan berjamur.

Kalau harus memilih antara rak atau container sepatu, maka sebaiknya kamu memilih container sepatu. Karena selain lebih susah kemasukan kotoran dan hewan, juga menghindari paparan matahari dan air hujan. Kalau kita lihat di marketplace, container sepatu dipatok kisaran 10 ribu rupiah per-container. Terjangkau ‘kan?

4. Langsung Keringkan Dan Bersihkan

Jangan lengah, meskipun sneakers-mu tidak mudah rusak karena sering digunakan, tapi tetap berisiko kotor dan basah karena berbagai kejadian kecil. Contohnya saat kamu tidak sengaja melintasi genangan air saat musim hujan, terkena debu, atau kotoran kucing. Ngeri banget ‘kan?

Apapun jenis kotorannya, kamu harus langsung bersihkan dengan benar. Gimana caranya? Tidak susah kok. Kalau kotorannya cuma sedikit dan tak menimbulkan bau tidak sedap, cukup semprotkan sneakers dengan air yang telah dicampur pasta gigi non detergen atau air plus detergen khusus kain denim, kemudian lap dengan spons atau kain kering dan bersih.

Namun jika sneakers tercinta basah kuyup karena kehujanan, kamu wajib mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Jika setelah kering timbul bau kurang sedap, segera isi dengan silica gel.

Lalu gimana kalau kena kotoran hewan yang menimbulkan bau tidak sedap? Maka terpaksa harus dicuci dengan benar dengan memperhatikan bahan dasar sneakers. Kalau suede dan kanvas, ganti detergen dengan pasta gigi non detergen agar bahan tidak cepat rusak.

5. Rutin Dicuci Dan Dirawat

Nah, tips terakhir sangat sederhana tapi terkadang banyak yang melewatkannya, yaitu rutin mencuci dan merawat sneakers. Kalau kamu tidak sempat mencuci sendiri, minimal membawanya ke toko perawatan sepatu supaya sepatu kesayanganmu dicuci dengan baik dan benar.

Selain itu, sebaiknya kamu juga selalu merawat sneakers secara rutin seperti mengoleskan lem sepatu jika ada tanda – tanda sol sepatu hendak lepas. Kamu bisa membelinya di marketplace dengan harga sekitar 30 ribu rupiah saja.

Itulah cara merawat sneakers agar tidak cepat rusak. Gimana, semakin semangat merawatnya kan? Kalau kamu mau menambah koleksi, segera belanja di Sneakers Flash menggunakan Atome selagi ada promo January Special Deals dengan potongan Rp 120.000 minimal transaksi senilai Rp 1.000.000, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Promo ini berlaku dari tanggal 1 hingga 31 Januari 2022. Yuk belanja di Sneakers Flash sekarang juga!

Oh ya, jangan lupa buat kamu yang belum memiliki aplikasi Atome, kamu bisa men-download-nya di link berikut!

Main keywords of the article: