5 destinasi iklim dingin di Asia Tenggara, ada yang bersalju

Nov 21 2022

Negara – negara di Asia Tenggara termasuk negara tropis yang hanya mengenal dua musim, yaitu hujan dan kemarau. Tapi ternyata ada beberapa negara di Asia Tenggara yang beriklim dingin dan bahkan menurunkan salju. Wah, menarik sekali ya! Buat kamu yang penasaran dengan penampakan salju sesungguhnya pasti tertarik mengunjunginya. Jadi, tak perlu jauh – jauh ke Jepang, Korea, atau Eropa. Cukup kunjungi beberapa negara di Asia Tenggara ini. Kira – kira di mana saja? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Destinasi Kota Beriklim Dingin Di Asia Tenggara

Vietnam dan Myanmar adalah dua negara di Asia Tenggara yang bisa kamu jadikan destinasi liburan untuk menyaksikan salju. Selain itu, masih ada tiga negara lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Meskipun tidak menurunkan salju, tapi tiga negara tersebut memiliki suhu udara yang cukup dingin untuk membuatmu lebih rileks. Langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini.

1. Sa Pa, Vietnam

Vietnam termasuk negara beriklim tropis, tapi ada satu daerahnya yang terkenal dengan cuaca dingin dan menurunkan salju. Lebih tepatnya di daerah pegunungan di bagian utara Vietnam yang berbatasan dengan Tiongkok. Biasanya salju turun tiap awal tahun, karena terpengaruh fenomena La Lina dan turunnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik. Kamu bisa melihat salju tersebut di wilayah kota Sa Pa. Biasanya suhu udara di sana ketika bersalju mencapai -2° C. Selain menyaksikan salju, kamu juga dapat melihat indahnya pemandangan bukit, sawah, dan lembah yang berselimut kabut yang tebal dan dingin.  

2. Putao, Myanmar

Lanjut ke rekomendasi destinasi bersalju berikutnya di Asia Tenggara, yaitu Myanmar. Saat musim dingin tiba, kamu bisa menyaksikan hujan salju di wilayah Putao, kota paling utara negara bagian Kachin. Di sana, hujan salju terlihat begitu indah layaknya panorama gunung Himalaya. Salah satu pegunungan yang sering dikunjungi untuk menikmati salju yaitu KhakaBo Razi, gunung tertinggi Myanmar. Di sana juga tersedia paket tur pendakian untuk pemula hingga tingkat lanjut. Selain menikmati keindahan alam, di sana kamu juga dapat melihat aneka tanaman langka dan burung endemik.

3. Cameron Highlands, Malaysia

Di Malaysia memang tidak ada destinasi bersalju. Namun, negara tetangga Indonesia ini punya wilayah bersuhu dingin yang tetap sejuk sepanjang tahun. Lebih tepatnya di Cameron Highlands yang suhunya sekitar 25° C dan sering lebih dingin dari itu. Berkat ketinggian wilayah dan iklimnya yang begitu dingin, Cameron Highlands menjadi tempat ideal untuk menanam teh dan stroberi. Kamu bisa mengelilinginya sembari melihat pemandangan gunung dan perbukitan yang indah.

4. Sagada, Filipina

Sagada merupakan kota yang terletak di dataran tinggi Filipina dengan suhu ratarata 13-24° Celcius sepanjang tahun. Selain menikmati udara sejuk, kamu juga bisa melihat berbagai pemandangan alam nan indah, seperti lembah, gua, air terjun, dan tentunya bukit dan pegunungan. Tak heran, banyak destinasi pendakian yang bisa kamu kunjungi. Di sana juga terdapat tempat – tempat misterius untuk memacu adrenalin, seperti Marlboro Hills atau Gunung Kiltepan, spelunking di Gua Lumiang, dan arung jeram di Sungai Chico. Atau ke Echo Valley, destinasi unik yang menjadi tempat menggantungkan peti mati. Kira – kira beranikah kamu ke sana?

5. Chiang Mai, Thailand

Selain terkenal dengan ribuan kuil dan pagodanya yang unik, Thailand juga punya destinasi beriklim dingin yang begitu sejuk. Salah satunya yaitu di Chiang Mai, ibu kota Thailand Utara. Saat musim dingin, maksimal suhu udara di sana  30° Celcius dan menjadi 10° Celcius saat malam hari. Meskipun termasuk wilayah perkotaan, Chiang Mai kental dengan suasana alam yang indah. Di sana terdapat dua taman alam yang luas untuk menikmati keindahan bunga sakura, hingga panorama gunung dan air terjun.

Aktivitas Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Di Musim Dingin

Umumnya, suhu udara yang terlampau dingin memang akan membuat siapapun mager alias malas gerak. Bawaannya hanya ingin tidur pakai selimut di rumah. Padahal, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat musim dingin, terutama saat liburan ke negara bersalju. Sudah jauh – jauh ke luar negeri, tentu sayang kalau hanya tidur dan berdiam diri di hotel. Lebih baik coba lakukan lima aktivitas seru berikut ini.

1. Bermain Ski

Kegiatan paling seru ketika musim dingin yaitu bermain ski. Cobalah datang ke ski resorts atau destinasi pegunungan yang menyediakan tempat bermain ski. Ingat ya, bedakan antara bermain ski dengan jet ski, apalagi SKI Bogor. Ski adalah permainan menyusuri salju dengan memakai tongkat dan papan seluncur. Sementara jet ski adalah olahraga air mengendarai perahu motor yang cukup ekstrem.

2. Bermain Seluncur Es Di Tengah Kota

Jika ingin bermain – main di keramaian dengan lebih banyak orang, cobalah bermain ice skating atau seluncur es di tengah kota, contohnya di danau yang banyak terdapat di taman kota. Siapkan sepatu seluncur es dan perlengkapan keamanan lainnya untuk memastikan tubuhmu aman selama bermain.

3. Bermain Salju

Kamu juga dapat bermain salju dengan membentuknya seperti bola salju. Atau jika ingin lebih mengasah kreativitas, cobalah membuat boneka salju dengan menambahkan syal, topi, hingga mata dan hidung. Aktivitas ini tentu sangat menarik, terutama bagi anak – anak.

4. Menghadiri Festival Musim Dingin

Biasa di negara – negara beriklim dingin juga menggelar berbagai festival unik setiap musim dingin. Mulai dari pameran patung es, boneka salju, serta instalasi warna – warni yang berkilauan indah. Kamu juga bisa berburu souvenir unik dan jajanan khas yang lezat.

5. Berendam Air Panas

Setelah puas bermain dan menikmati keindahan salju di luar, waktunya untuk kamu menghangatkan tubuh dengan berendam di air panas. Selain sebagai relaksasi, berendam di air panas juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan membantu tidur lebih nyenyak.

Atau kamu berencana untuk liburan ke resort pantai? Cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Booking Tiket Liburanmu Lewat Agoda Indonesia

Ingin segera berlibur ke negara – negara beriklim dingin yang ada di Asia Tenggara? Setelah menentukan tujuan, pesan tiket pesawat dan akomodasi terbaikmu via Agoda. Pemesanannya mudah dan memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

  • Memiliki banyak pilihan maskapai dan penginapan. Agoda Hoteltelah bermitra dengan lebih dari 2 juta properti akomodasi, termasuk apartemen, vila, rumah dan hotel.
  • Informasi pesawat dan hotel lengkap, serta didukung teknologi dan aplikasi yang mudah dinavigasi.
  • Tersedia lebih dari 15 juta ulasan dari wisatawan yang bisa membantumu mengambil keputusan untuk memilih maskapai dan hotel terbaik.
  • Harga ekonomis, sering memberikan promo spesial, serta adanya sistem cash reward yang dapat kamu untuk pemesanan berikutnya.
  • Telah bekerja sama dengan Atome untuk memberikan layanan buy now pay later yang memudahkan.

Gunakan Atome Untuk Pesan Tiket Di Agoda

Dapatkan kemudahan memesan tiket pesawat dan hotel di Agoda menggunakan metode pembayaran Atome. Hadir sejak tahun 2019, Atome memberikan sistem pembayaran cicilan 0% yang bisa kamu cicil dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Saat ini Atome telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna di seluruh Indonesia dengan ekosistem yang cukup besar. Jadilah bagian dari mereka dengan men-download dan memakai Atome sekarang juga untuk transaksi di lebih dari 7.700 toko offline dan online.

Main keywords of the article: