Apa itu Miopi dan bagaimana cara mengatasinya

Nov 02 2022

Miopi atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan penglihatan yang menyebabkan seseorang kesulitan melihat objek dari jauh. Ketika melihat benda yang letaknya jauh, benda tersebut tampak kabur atau tak terlihat jelas. Namun, penderitanya tetap bisa melihat dengan jelas objek yang letaknya dekat. Meski begitu, tentu tidak nyaman jika mengalami gangguan mata miopi. Aktivitas jadi terganggu, terutama jika harus menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian ekstra. Apa penyebab miopi dan bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Bagaimana Miopi Terbentuk?

Gejala miopi bisa terjadi pada siapa saja dari beragam usia. Umumnya, miopi mulai muncul pada anak – anak usia sekolah hingga remaja. Penderitanya merasakan pandangannya kabur saat melihat objek yang jauh. Biasanya juga disertai beberapa gejala, seperti sakit kepala, mata lelah, serta sering mengedipkan, memicingkan, dan mengucek mata.

Miopi ini sendiri termasuk kelainan refraksi mata yang terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya pada tempat yang semestinya, yaitu  retina mata. Kondisi ini disebabkan oleh bentuk bola mata yang lebih panjang dari bola mata normal. Hingga saat ini masih belum diketahui pasti penyebab bola mata lebih panjang dari normal tersebut. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kelainan tersebut, antara lain:

  • Faktor genetik. Anak yang orang tuanya mengalami rabun jauh, maka ia beresiko besar mengalami hal yang sama.
  • Kurang sinar matahari dan kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko terkena miopi.
  • Kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat. Misalnya, ketika membaca buku, menonton televisi, atau melihat layar gadget.

Cara Mengatasi Mata Miopi

Untuk memastikan apakah kamu menderita rabun jauh atau tidak, coba lakukan pemeriksaan kesehatan mata ke dokter mata, klinik mata, atau sejenisnya. Jangan panik jika kamu memang mengalami miopi. Karena kamu dapat melakukan beberapa penanganan yang bisa disesuaikan berdasarkan tingkat keparahan rabun jauh. Berikut tiga penanganan yang biasa dilakukan untuk mengatasi miopi:

  • Penggunaan kacamata atau lensa kontak minus khusus penderita miopi. Bentuk kacamatanya cekung, dengan bagian tengah tipis dan bagian tepinya lebih tebal.
  • Operasi dengan sinar laser (LASIK) untuk mengatur lengkungan kornea. Khusus prosedur ini hanya diperuntukkan bagi penderita miopi di bawah 21 tahun, karena mata mereka masih dapat berkembang.
  • Implan lensa buatan untuk menangani miopi yang sangat parah dan tidak dapat ditangani oleh penggunaan kacamata dan operasi laser.

Di samping beberapa penanganan di atas, ada juga beberapa kebiasaan baik yang perlu diterapkan untuk meminimalisir resiko miopi. Langkah ini juga berperan sebagai bentuk pencegahan agar kamu yang kondisi matanya normal bisa terbebas dari miopi. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya:

  • Senam mata, yaitu dengan memfokuskan pandangan pada titik yang jauh dan dekat secara bergantian.
  • Mengistirahatkan diri dari gadget, baik itu ponsel, komputer, ataupun layar televisi. Usahakan menjauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit sekali.
  • Bekerja di tempat yang terang, terutama ketika membaca dan menggunakan gadget.
  • Konsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung vitaminA, B, C, D, dan E untuk menutrisi kesehatan mata.
  • Hindari merokok, karena racun dalam asap rokok beresiko masuk ke aliran darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk mata.
  • Beraktivitas di luar rumah untuk menyerap vitamin D dari sinar matahari yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kontrol mata ke dokter secara rutin untuk mengetahui kesehatan mata dan mendapatkan pertolongan secepatnya jika mengalami gangguan tertentu.

Rekomendasi Kacamata Minus Dari Optik Internasional

Salah satu cara mengatasi miopi atau mata minus yaitu dengan memakai kacamata minus. Saat ini kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai klinik dan toko optik. Seperti di Optik Internasional yang merupakan salah satu pelopor jaringan optik di Indonesia sejak tahun 1972. Internasional Optikyang pertama kali hadir di kota Malang ini sekarang memiliki lebih dari 120 cabang di seluruh Indonesia.

Optik Internasional menghadirkan beragam jenis kacamata untuk pria, wanita, dan anak – anak. Mulai dari kacamata baca, kacamata fashion, hingga kacamata dengan pilihan lensa minus, plus, dan silindris. Ada juga koleksi softlens sebagai alternatif kacamata. Semuanya tersedia dari berbagai brand berkualitas terbaik dan terjamin original. Seperti rekomendasi kacamata minus untuk penderita miopi berikut ini.

1. One A3962

Kacamata dari bahan acetate berkualitas yang menyediakan pilihan lensa minus dengan  frame ringan dan tahan lama. Desainnya stylish dan cocok untuk semua bentuk wajah. Harga: Rp300.000.

2. Soo Jin G79016

Sebenarnya rekomendasi ini termasuk jenis kacamata fashion ala Korea. Namun, kamu tetap bisa memilih lensa minus untuk mengurangi gangguan mata minus. Model bingkainya tampak kekinian dengan bentuk bulat yang cocok untuk orang Asia. Harga: Rp500.000.

3. Cherry Blossom Cb001

Kacamata dari Cherry Blossom yang juga menyediakan pilihan lensa minus. Terbuat dari perpaduan acetate (TR90) berkualitas dengan frame ringan. Tersedia dalam empat pilihan menarik, yaitu hitam, cokelat, peach, dan wine. Harga: Rp550.000.

4. Itaewon Tr30078

Termasuk jenis kacamata fashion bergaya Korea dengan model oversized yang terbuat dari kombinasi bahan metal dan plastik berkualitas. Kamu juga dapat memilih jenis lensa minus untuk mengatasi gangguan miopi. Harga: Rp600.000.

5. Hyped TR63008

Kacamata ini juga terbuat dari kombinasi bahan plastik dan metal yang trendi. Selain memilih jenis lensa minus, kamu juga dapat menambahkan fitur lensa photochromic untuk melindungi mata dari paparan sinar UV. Harga: Rp600.000.

6. La Luna 1001C2A

Kacamata ini menggunakan bahan acetate yang ringan dan tahan lama. Beratnya hanya 10 gram dan menawarkan desain yang modern. Tentunya, kacamata ini juga menyediakan pilihan lensa minus untuk penderita miopi. Harga: Rp650.000.

7. Guy Laroche GL66

Kacamata branded yang terbuat dari bahan acetate berkualitas tinggi dengan desain fitting khusus pada bagian hidung, sehingga terasa nyaman dipakai. Bentuk frame-nya kokoh dan kuat dan pilihan lensanya juga lengkap, termasuk untuk mata minus. Harga: Rp1.385.000.

Lihat di sini untuk mengetahui tips memilih kacamata yang cocok berdasarkan bentuk wajah kamu di sini

Lokasi Gerai Optik Internasional

Ingin mencari kacamata yang tepat untuk meringankan gejala miopi atau gangguan mata lainnya? Segera kunjungi gerai Optik Internasional terdekat di kotamu di beberapa lokasi berikut ini:

  • Optik Internasional Jakarta: Citra Garden City, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan RS. Fatmawati Raya, Mangga Dua Square, Poins Square, Pusat Grosir Cililitan.
  • Optik Internasional Bandung:BTC Mall, Cihampelas Walk, Jalan Buah Batu, Jalan Jenderal Achmad Yani, Jalan Kiaracondong,  Jalan Lengkong Besar, Jalan Setiabudi, Ruko Gunung Sari.
  • Optik Internasional Surabaya: Jalan Blauran No. 82, Pakuwon Trade Center, Ruko Manukan Permata Tama.
  • Optik Internasional Malang: Jalan A. Yani, Jalan Jenggolo, Jalan MT. Haryono No 167, Jalan Raya P Sudirman, Jalan Raya Thamrin, Malang Town Square, Mall Olympic Garden, Ruko Borobudur, Ruko Tumpang Business Center.
  • Optik Internasional Makassar:Jalan Komplek Perintis, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Urip, Karebosi Link, Mall Panakkukang, Ruko Antara.

Jika ingin belanja lebih praktis tanpa datang ke toko langsung, kamu juga bisa berbelanja secara online lewat website mereka. Pastikan klik website resminya yang berfungsi sebagai e-commerce ya! Jangan salah klik HRMS Optik Internasional yang merupakan sistem manajemen HR.

Gunakan Atome Untuk Mendapatkan Semua Produk Optik Internasional

Sekarang belanja kacamata dan alat kesehatan lainnya di Optik Internasional jadi lebih mudah dengan menggunakan metode pembayaran Atome. Hadir sejak tahun 2019, Atome memberikan kemudahan sistem pembayaran cicilan 0% di lebih dari 600 merchant dan lebih dari 7.700 toko. Saat ini jumlah penggunanya mencapai lebih dari 5 juta user di seluruh Indonesia dengan ekosistem yang cukup besar. Jadilah bagian dari jutaan orang yang merasakan banyaknya keuntungan memakai Atome. Caranya, download Atome sekarang juga dan gunakan transaksi di berbagai merchant favoritmu.

Main keywords of the article: