Blog

Bagaimana memilih cincin yang tepat untuk pria

Feb 09 2022

Saat ini, aksesori cincin dan kerabatnya tidak hanya digandrungi kaum wanita saja. Selain cincin kawin, belakangan ini banyak juga kaum pria yang menggunakan cincin sebagai aksesori harian. Baik itu yang berbahan dari emas kuning maupun emas putih, polos ataupun bertatahkan batu mulia, semua bisa dipilih sesuai preferensi yang kamu inginkan.

Kali ini, kami akan membagikan tips untuk memilih cincin sebagai salah satu aksesori terbaik untuk kamu, kaum pria. Silakan simak artikel ini sampai selesai dan temukanlah cincin yang bagus untuk kamu pergunakan.

Karakteristik Cincin Pria

Jika dilihat langsung secara kasat mata, terdapat perbedaan fisik yang mendasar antara cincin untuk kaum pria dan wanita. Pada cincin tunangan dan cincin kawin, hiasan pada cincin pria biasanya akan lebih sederhana dibanding cincin untuk kaum wanita. Dan terkadang, cincin kawin atau tunangan kaum pria hanya polos, tanpa aksesori apapun.

Kemudian pada cincin aksesori, karakteristik utama cincin aksesori bagi pria adalah bentuknya yang biasanya melebar. Ada banyak pilihan untuk hiasannya. Namun beberapa ada juga yang tidak memiliki hiasan, hanya polos saja atau memiliki sedikit ukiran logo. Namun ada juga cincin pria yang memiliki banyak batu hiasan di cincin tersebut. Dan semuanya itu tentu harus disesuaikan dengan keinginan kamu, dan akan dipergunakan untuk kegiatan apakah cincin tersebut.

Cara Memilih Cincin Yang Tepat Untuk Pria

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar kamu bisa mendapatkan cincin terbaik. Yuk, simak hal – hal yang harus kamu pertimbangkan di bawah ini.

Pilih jenis bahan

Berbicara soal cincin, seringkali kita akan dihadapkan pada bahan dari emas. Nah, ada dua pilihan jenis emas yang bisa kamu pilih sebagai bahan cincin aksesori untuk pria. Keduanya memiliki tampilan serta harga yang berbeda. Let’s check it out!

Emas Kuning: Klasik dan lebih murni

Cincin yang terbuat dari emas kuning merupakan pilihan yang paling klasik. Warna kuning cincin tersebut didapatkan dari kandungan emas murninya. Kamu dapat mengetahui kandungan emas murninya dari nilai karat cincin yang kamu pilih tersebut. Semakin tinggi nilai karatnya, maka akan semakin tinggi juga kandungan emas murninya.

Salah satu keunggulan dari memilih cincin emas kuning bernilai karat tinggi adalah sifatnya yang hypoallergenic. Karena itu cincin emas murni berkarat tinggi akan sangat aman untuk semua orang, termasuk kamu yang memiliki problem kulit sensitif. Selain itu, membeli perhiasan dengan bahan dasar emas kuning juga bisa bernilai sebagai investasi, karena harga jual belinya terbilang stabil dan biasanya akan selalu naik.

Namun perlu diingat, bahwa logam emas murni ini bersifat lunak. Jadi nilai karat yang tinggi akan mengindikasikan cincin tersebut memiliki sifat lebih lunak, jadi bisa lebih mudah berubah bentuk. Pastikan kamu mempertimbangkan ini juga sebelum memilih.

Emas Putih: Lebih elegan dan menarik

Belakangan jenis emas putih juga menjadi pilihan yang cukup populer karena tampilannya yang menyegarkan. Perhiasan yang menggunakan bahan dasar emas putih ini biasanya tergolong elegan dan memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan emas kuning. Emas putih ini didapat dari proses menggabungkan logam emas dengan logam berwarna putih lainnya. Agar mampu menghasilkan tampilan yang berkilau, cincin ini akan dilapisi dengan rodium.

Dibandingkan emas kuning, emas putih biasanya tidak memiliki nilai karat yang terlalu tinggi. Maksimum dari nilai karatnya hanya di kisaran 18. Hal ini membuat emas putih bersifat lebih kuat, tetapi permasalahannya adalah bisa saja logam campurannya menimbulkan risiko alergi pada kamu yang berkulit sensitif. Jika kamu sudah pasti ingin memilih cincin emas putih, pastikan bahwa kamu tidak memiliki alergi terhadap logam campurannya ya!

Perhatikan kadar karat cincin

Saat akan membeli cincin, apalagi jika yang berbahan dasar emas, kamu pasti akan bertemu dengan istilah karat. Istilah karat ini menunjukkan kandungan emas murni pada cincin yang akan kamu pilih. Semakin tinggi kadar karatnya, berarti semakin tinggi juga kandungan emas murni yang ada dalam cincin yang akan kamu pilih tersebut. Berikut ini adalah detail besaran karat yang umumnya ditemukan untuk cincin emas bagi kaum pria.

  • 24K

Kadar emas 24/24 artinya bahan itu mengandung 100% emas murni. Cincin emas dengan kadar karat 24K memiliki harga yang tinggi. Dan sifatnya adalah paling lunak ketimbang cincin dengan kadar karat lainnya.

  • 18K

Kadar emas 18/24 artinya mengandung 75% emas murni dan 25% logam campuran lainnya. Cincin dengan kadar karat 18K ini biasanya paling umum ditemukan di pasaran.

  • 14K

Kadar emas 14/24 artinya mengandung 58% emas murni dan 42% logam lainnya. Cincin dengan kadar emas 14K ini biasanya memiliki daya tahan yang cukup kuat. Hal ini mengingat kandungan logam campurannya hampir setengah.

  • 9K

Kadar emas 9/24 mengandung arti 37,5% emas dan 62,5% logam campuran lain. Cincin 9K adalah jawaban jika kamu mencari cincin yang ideal untuk keseharian. Cincin ini cukup kuat dan tidak lunak. Hanya saja kamu perlu memperhatikan dengan baik logam campurannya jika kamu memiliki kulit yang sensitive.

Tentukan Model Cincin Sesuai Keinginan Penggunaan

Cincin untuk kaum pria dapat dikategorikan menjadi tiga macam sesuai penggunaannya. Mari Bersama kita simak apa saja macamnya.

Cincin Aksesori

Cincin aksesori atau cincin sebagai suatu perhiasan biasa adalah cincin yang dipakai untuk keseharian kamu. Berbeda dengan cincin tunangan atau cincin nikah, tidak ada aturan mengenai di mana kamu harus menggunakannya. Kamu hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan keinginan kamu, kapan dan di mana akan mempergunakannya.

Cincin ini tidak memiliki arti tertentu, tetapi dapat dengan mudah menunjukkan tentang diri dan pribadi kamu ke orang lain.. Oleh karena itu kamu harus memilih cincin yang benar – benar sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Jika sesuai dengan gaya yang kamu inginkan, dijamin kamu pasti akan lebih merasa percaya diri saat memakainya.

Cincin Tunangan

Cincin tunangan biasanya merupakan cincin yang digunakan untuk menunjukkan keseriusan hubungan kamu dengan pasangan yang kamu pilih. Cincin tunangan bisa juga dikatakan sebagai simbol lamaran dari seorang pria untuk kekasihnya. Oleh karena itu kebanyakan cincin tunangan biasanya seringkali hanya dipakai oleh kaum wanita.

Meskipun sifatnya tidak wajib, tetapi ada juga beberapa pria yang menggunakan cincin tunangan sebagai tanda pengikat. Cincin ini biasanya akan digunakan di jari manis tangan kanan atau kiri. Biasanya cincin tunangan untuk pria modelnya lebih sederhana daripada cincin tunangan untuk kaum wanita, biasanya polos tanpa aksesori apapun.

Cincin Nikah

Berbeda dengan cincin tunangan, cincin nikah memiliki sifat lebih wajib dipakai untuk seumur hidup. Oleh karena itu penting untuk memilih desain yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa saja memilih cincin yang polos ataupun yang memiliki aksesori. Oh ya, ada juga pasangan yang menjadikan cincin tunangannya sebagai cincin nikah.

Pada zaman dahulu, cincin nikah biasanya memiliki desain yang identik antara cincin pria dan wanita. Tetapi kini cincin nikah bisa memiliki desain berbeda antara pria dan wanitanya. Tetapi tentu saja model cincin nikah pria biasanya tetap lebih sederhana daripada cincin untuk wanita.

Salah satu desain cincin nikah yang populer sampai sekarang adalah cincin polos atau dengan satu batu permata yang agak besar. Jika dirasa cincin tersebut terlalu polos, ada juga yang kemudian menggunakan emas kombinasi, misalnya emas putih dan emas kuning sebagai bahannya.

Sesuaikan Lebar Cincin Dengan Panjang Jari

Saat memilih cincin, kamu perlu untuk menyesuaikan lebar cincin kamu dengan panjang jari yang kamu miliki. Untuk kamu yang berjari panjang, lebar cincin yang bisa dipilih bisa lebih bervariasi. Namun sebaliknya, kalau kamu memiliki jari yang terasa pendek, sebaiknya pilih cincin yang tidak terlalu lebar, tujuannya adalah agar jari kamu tidak terlihat jadi lebih pendek lagi.

Hal ini membuat suatu desain cincin yang cocok di satu orang bisa saja kurang sesuai untuk orang lain. Oleh karena itu, jika seorang teman kamu memiliki cincin dan kamu juga menyukainya, jangan terburu – buru untuk memilih desain yang sama persis. Sesuaikan dulu cincin tersebut dengan jari kamu agar cincin bisa terlihat lebih bagus saat kamu pakai.

Memilih cincin untuk pria pada dasarnya mirip dengan memilih item fashion pada umumnya. Hanya saja kamu harus memperhatikan banyak faktor supaya tetap cocok untuk dipakai, dan pastinya mengutamakan kenyamanan. Untuk kamu yang ingin memilih cincin pria, cincin perak pria, cincin emas pria, cincin emas putih pria, kamu bisa mendapatkannya di SONDERLAB, kamu tinggal cek link berikut. Dan jangan lupa gunakan Atome sebagai metode pembayarannya. Dapatkan Atome di sini!

Main keywords of the article: