Blog

Step by step mewarnai rambut ash brown tanpa bleaching

Jun 24 2022

Tren kecantikan terus mengalami perubahan setiap tahun, termasuk gaya rambut. Mulai dari potongan, style, hingga warna rambut. Di tahun 2022 kali ini, warna rambut ash brown adalah salah satu warna yang sedang tren dan diminati banyak wanita. Kamu yang suka tampil kekinian tentu tak boleh melewatkannya. Apalagi, warna rambut ash brown bisa membuatmu tampil lebih cantik dan menarik. Tentu kamu akan semakin percaya diri dengan warna rambut baru di tahun 2022 ini. Lantas, apa itu warna ash brown dan bagaimana cara mendapatkan warnanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Warna Ash Brown?

Sesuai namanya, ash brown merupakan perpaduan warna ash (abu – abu) dan brown (cokelat). Jadi, warna ash brown menampilkan warna cokelat keabuan yang tampak estetik. Warna ini pun cocok untuk berbagai jenis warna kulit, baik pemilik kulit terang maupun gelap. Tinggal sesuaikan dengan tone warna rambut yang kamu inginkan. Apakah ash brown gelap atau terang? Contohnya, kamu yang memiliki warna kulit kuning langsat bisa menggunakan warna rambut medium brown, sehingga memberikan efek kulit yang tampak lebih cerah dan tidak pucat.

Perlu diketahui, warna ash di sini bukan abu – abu murni ya! Kata ash sendiri berasal dari bahasa Jerman, asche yang artinya adalah rona abu – abu. Jadi, warna ash yang dimaksud di sini termasuk dalam kategori warna dingin atau cool tone dengan tint keabu – abuan. Selain menghasilkan inovasi warna ash brown, sebenarnya ada banyak perpaduan warna ash lainnya yang sedang populer sekarang, di antaranya adalah:

  • Ash grey atau rona keabuan yang tampak modis dan kekinian.
  • Ash blonde atau warna rambut pirang dengan rona keabuan yang tampak eksotis, namun tidak terlalu mencolok.
  • Ash blue yang menampilkan gradasi biru dan abu yang cantik.
  • Ash violet yang memadukan abu – abu dan warna ungu nan anggun untuk kamu yang ingin tampil feminine.
  • Ash coffee yang memadukan warna cokelat kopi dan abu – abu hingga rambut tampak shining dan tetap elegan.
  • Ash pink, yaitu kombinasi warna abu – abu dan pink untuk kamu yang suka tampil beda dengan warna rambut mencolok.

Cara Mewarnai Rambut Ash Brown Tanpa Bleaching

Setelah mengetahui bagaimana warna ash brown, sekarang waktunya mengaplikasikan warna tersebut ke rambut cantikmu. Caranya sangatlah mudah dan bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Umumnya, kamu perlu melakukan teknik bleaching untuk mengecat rambut yang berwarna asli gelap, seperti hitam dan cokelat tua. Tujuan bleaching adalah untuk menghilangkan pigmen warna asli rambut agar zat pewarna lebih mudah meresap dan menghasilkan warna rambut yang diinginkan. Sayangnya, teknik bleaching ini berpotensi merusak kutikula rambut yang bertugas sebagai pelindung batang rambut. Tentu kamu tidak mau rambut jadi rusak hanya karena melakukan pengecatan. Untungnya, kamu bisa mengikuti step by step berikut ini untuk mewarnai rambut ash brown tanpa bleaching.

1. Hindari Keramas Sesaat Sebelum Mengecat Rambut

Beberapa orang membersihkan rambutnya terlebih dahulu sesaat sebelum mewarnainya agar rambut tampak lebih bersih. Namun, ini cara yang keliru jika kamu ingin mewarnai rambut tanpa bleaching. Sebab, kondisi rambut setelah dikeramasi akan menjadikan zat pewarna lebih sulit meresap ke dalam rambut. Tidak hanya itu, kandungan minyak alami pada rambut sebenarnya juga bisa melindungi rambutmu dari paparan zat kimia pada pewarna rambut. Jadi, usahakan tetap menjaganya dengan tidak keramas sesaat sebelum menyemir rambut. Lebih baik keramas 2-3 hari sebelum kamu melakukan pengecatan.

2. Pilih Cat Rambut Yang Tepat

Selain memilih warna ash brown sesuai selera, kamu juga harus memastikan cat rambut tersebut memiliki kualitas yang baik. Pilih merek produk cat yang bebas dari amonia agar tidak merusak rambut. Pastikan juga untuk memilih cat rambut yang dikhususkan untuk pewarnaan tanpa bleaching. Kamu juga bisa memilih cat rambut khusus rambut hitam atau warna rambut gelap lainnya, sehingga tidak akan menyulitkan proses pewarnaan tanpa bleaching.

Usahakan juga untuk memilih pewarna rambut semi permanen yang memiliki warna lebih pekat. Namun, karena sifatnya semi permanen, biasanya warna tersebut akan memudar setelah 6 kali keramas. Jika ingin warna rambut lebih awet tanpa retouch berkali – kali, sebaiknya pilih warna rambut yang lumayan gelap pada bagian akar rambut.  

3. Lakukan Pewarnaan Rambut Berlayer 

Jika ingin mewarnai rambut tanpa bleaching, sebaiknya potong rambut dengan model layering terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan 2 warna cat rambut berbeda, yaitu satu lebih terang dan satunya lagi lebih gelap. Kemudian, usung teknik balayage untuk mewarnai rambut secara ber-layer.

4. Warnai Rambut 1-2 Minggu Sekali

Selain melakukan teknik pewarnaan layering, kamu juga bisa mewarnai rambut secara berulang dan bertahap dalam jarak yang tak terlalu lama. Gunakan warna rambut dengan tone 3 kali lebih terang dari warna asli rambutmu, lalu ulangi prosesnya setiap minggu atau 2 minggu sekali. Sehingga rambut memiliki waktu istirahat untuk pemulihan setelah melalui proses oksidasi dalam teknik pewarnaan tersebut. Selain itu, tetap lakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan kondisioner khusus rambut yang diwarna. Atau pengganti kondisioner dari bahan alami seperti olive oil atau madu murni. Sehingga kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik.

5. Campur Cat Rambut Dengan Krim Developer Level Tinggi

Tips mewarnai rambut tanpa bleaching berikutnya yaitu dengan menambahkan krim developer level tinggi pada cat rambut yang akan kamu gunakan. Pilih krim developer dengan volume 40 agar proses pewarnaan rambut bisa berlangsung lebih singkat. Karena penggunaan krim developer ini hampir mirip dengan krim bleaching. Krim developer ini sendiri berguna untuk mengangkat kutikula tanpa perlu meluruhkan pigmen rambut asli seperti pada teknik bleaching. Dengan begitu, pigmen warna pada cat rambut bisa meresap lebih mudah dan meminimalisir terjadinya kerusakan. Saat mewarnai ulang, sebaiknya cukup warnai bagian akar rambut yang mulai menghitam saja. Sebab, penggunaan krim developer level tinggi secara berulang – ulang bisa merusak ujung rambut.

Mudah sekali bukan cara mewarnai rambut ash brown tanpa bleaching? Bahkan, kamu tidak perlu pergi ke salon untuk melakukannya. Tinggal beli bahan – bahan yang diperlukan dan ikuti langkah – langkahnya sesuai tutorial di atas. Dapatkan koleksi pewarna rambut yang kamu inginkan di iStyle. Selain pilihan mereknya beragam, kamu juga bisa menemukan berbagai variasi cat warna rambut kekinian, termasuk ash brown.  Menariknya lagi, kini toko online terlengkap ini juga bekerjasama dengan Atome. Brand pay later terkemuka di Asia yang bisa memberimu fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan. Jadi, kamu bisa checkout semua kebutuhan dan barang impianmu di iStyle dengan mengangsurnya sampai dengan setengah tahun. Download aplikasi Atome sekarang dan dapatkan voucher diskon eksklusif di 5.000 lebih merchant yang telah bekerjasama dengan Atome.

Main keywords of the article: