Blog

Yuk Kenali 11 Jenis Kain Yang Nyaman Untuk Dress Wanita

Jun 27 2022

Bisnis fashion wanita selalu menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena bisa dikatakan fashion wanita tak pernah lekang oleh waktu. Belakangan pakaian dengan model dress tengah digandrungi kalangan wanita. Kombinasi bahan dan desainnya membuat pakaian seperti ini cocok dikenakan di acara formal maupun kasual. Apakah kamu juga menjadi salah satu penggemar pakaian ini?

Tahukah kamu kalau sebenarnya ada banyak jenis kain yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk dress. Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis kain yang nyaman untuk kamu gunakan sebagai bahan dress. Yuk, simak selengkapnya!

1. Kain Katun

Jenis kain untuk dress yang pertama adalah katun. Pemilihan jenis kain katun ini sangat cocok untuk bahan sebuah dress, karena bahan ini terasa adem, sehingga bisa membuat kamu betah menggunakannya. Bahan kain katun sendiri berasal dari serat alam berupa tumbuhan kapas. Selain itu, kain katun punya daya serap yang sangat tinggi sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk dress.

Selain dapat dipakai sebagai bahan pembuatan dress pakaian, kain katun juga cocok dan serasi jika dikombinasikan dengan kain batik tradisional.

2. Kain Balotelli

Kain balotelli memiliki serat yang sangat rapat sehingga tidak akan menerawang saat dipakai. Kain ini memiliki tekstur yang agak kasar karena garis – garis memanjang atau berbentuk segi empat, lemas, dan jatuh. Bahannya tebal tetapi ringan saat dipakai sehingga sangat cocok untuk membuat dress, gamis, atau abaya. Pilihan warnanya juga sangat banyak. Harga kain ini berkisar Rp 25.000 per meter, sangat terjangkau untuk dijadikan bahan baku dress-mu.

3. Kain Poliester

Kain ini bisa dibilang memiliki kemiripan dengan kain katun, namun dari segi kualitasnya kain poliester berada satu tingkat di bawah kualitas kain katun. Bahan dasar dari kain ini terbuat dari benang poliester. Walaupun begitu dress kamu akan tetap menawan dengan menggunakan kain poliester. Apalagi jika kamu pandai memilih warna yang cocok dengan kepribadian kamu.

4. Kain Sutra

Jenis kain ini merupakan salah satu kain termewah dan termahal dibandingkan dengan kain yang lain. Teksturnya yang sangat lembut dan sangat ringan membuat kamu harus berhati – hati dalam penjahitan serta perawatannya, seperti saat pencucian dan penyetrikaan. Tekturnya yang lembut membuat orang banyak memilihnya untuk membuat dress. Selain itu, kain sutra juga dinilai sangat cantik, serta sangat nyaman saat digunakan.

5. Kain Linen

Jenis kain untuk dress  selanjutnya adalah kain linen. Kain linen paling sering digunakan sebagai dress karena bahannya mempunyai tekstur yang lebih halus dibanding jenis kain lainnya. Inilah yang membuat kain linen punya harga yang agak lebih tinggi jika dibandingkan dengan kain lainnya.

6. Kain Sifon

Kain sifon sangat banyak digunakan sebagai salah satu jenis kain untuk dress. Kain sifon mempunyai tekstur yang sangat lembut, ringan, dan lemas. Bahan ini juga sangat mudah menyerap keringat dan adem sehingga kamu sangat bisa menggunakannya untuk dress.

7. Kain Satin

Jenis kain yang dapat dipakai sebagai bahan pembuatan dress selanjutnya adalah kain satin. Jenis kain ini sudah tak asing bagi kalangan wanita dikarenakan tampilannya yang tampak licin. Selain itu, kain satin juga mempunyai tekstur kain yang halus dengan memberikan kesan mengkilapnya pada bagian depan kainnya.

Kain satin dapat kamu kombinasikan menggunakan jenis kain lainnya sebagai bahan pembuatan dress pada gaun pengantin. Tak hanya digunakan sebagai dress, kain ini juga populer sebagai bahan dasar pembuatan produk jilbab.

Selain berasal dari bahan serat sutra, kain ini juga memakai bahan lain, misalnya poliester, rayon, dan nilon guna memberikan tampilan yang glossy pada kain satin. Sehingga ketika kamu menggunakan pakaian yang berasal dari kain satin tersebut kamu bisa merasa nyaman, dan tampil dengan menarik.

8. Kain Organza

Apakah kamu tahu, apa itu kain organza? Kain organza adalah salah satu kain yang berasal dari bahan serat nilon, dan poliester, ataupun salah satu di antaranya. Maka tak heran, jika jenis kain organza tampak mewah dan menarik. Jenis kain ini memiliki bobot yang cukup ringan, mudah untuk mengembang, dan juga konsepnya yang semi transparan menjadikan kain ini terkesan sangat mewah.

Itulah yang menjadi alasan mengapa kain organza kerap kali digunakan sebagai bahan lapisan luar dari rok balet. Tak hanya itu saja, jenis kain ini juga dapat kamu jadikan sebagai bahan pembuatan dress pengantin. Namun tak semua dress pengantin berasal dari bahan kain organza, biasanya hanya pada lengan dress pengantin saja.

9. Kain Wool Peach Atau Wolfis

Kain yang satu ini juga menjadi pilihan favorit banyak orang. Selain memiliki warna cerah dan soft juga karena motifnya cantik. Belakangan kain ini sering dijadikan bahan baku gamis dan hijab karena sifatnya tersebut. Jenis kain ini juga halus dan rapat, bahannya tebal, namun ringan, dan tidak menerawang.

Selain itu, bahan ini juga sangat nyaman dipakai karena tidak panas dan seratnya nyaris tidak terlihat. Jenis kain ini merupakan 100% dari bahan poliester sehingga harganya amat terjangkau. Selain itu, bahan ini tidak mudah kusut, tidak licin, dan mudah disetrika sehingga sangat pas dijadikan dress.

10. Kain Brokat

Kain brokat sangat banyak digunakan sebagai jenis kain untuk dress pesta, terutama pesta pernikahan dan pertunangan. Kain brokat memiliki tampilan yang agak kasar dengan tekstur serat yang jarang – jarang dan motif daun serta bunga yang sangat klasik sehingga kamu harus menggunakan kain lapisan lagi di dalamnya.

12. Kain Tulle Atau Tile

Kain tulle atau tile terdengar cukup asing bagi telinga masyarakat. Jenis kain ini adalah salah satu jenis kain yang memiliki bentuk jala dengan lubang kecilnya, serta mempunyai sifat kain yang ringan namun kuat dan tahan lama. Selain itu, juga terdapat kain tulle atau tile yang kaku, namun lembut. Tak hanya itu saja, kain ini juga ada yang polos, dan juga terdapat sebuah hiasan berupa taburan manik – manik maupun glitter.

Dengan motif kainnya yang beraneka ragam menjadikan jenis kain ini dapat memberikan efek berkilau pada pakaian yang digunakan nantinya. Kain tulle ini juga memiliki manfaat sebagai underskirts yang bertujuan untuk menciptakan bentuk kaku. Biasanya jenis kain biasa digunakan sebagai bahan pembuatan dress yang dapat berguna sebagai kombinasi dari baju pengantin.

Itulah beberapa jenis kain untuk dress yang bisa kamu pilih. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu dalam memilih jenis kain yang tepat ya! Namun jika kamu tidak ingin repot – repot menentukan jenis kain mana yang akan kamu jadikan dress, kamu bisa langsung membeli dress di Everiit. Everiit menjual beragam model dress yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu.

Jenis kain untuk dress yang digunakan oleh Everiit pun cukup nyaman dan tentunya berkualitas. Untuk mendapatkan dress pilihanmu, caranya cukup mudah, kamu langsung bisa mengunjungi website-nya di www.everiit.com.

Nah, ada info menarik buat kamu. Jika kamu berbelanja pakaian di Everiit menggunakan metode pembayaran dari Atome, kamu bisa mendapatkan penawaran menarik. Pada bulan Januari ini, Atome sedang menyelenggarakan January Special Deals dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Promo ini berlaku mulai dari tanggal 1 hingga 31 Januari 2022. Dengan mengikuti promo ini kamu bisa mendapatkan potongan Rp 50.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 300.000. Tunggu apalagi? Yuk belanja di Everiit menggunakan Atome!

Main keywords of the article: