Blog

Berkenalan dengan jenis kemeja pria tahun 2022

Feb 07 2022

Bicara soal gaya fashion pria, kemeja menjadi salah satu pakaian yang bisa dikatakan hampir dikenakan setiap hari oleh para pria. Kemeja seringnya dikenakan untuk bekerja, ataupun untuk melakukan aktivitas lainnya di luar rumah yang sifatnya semi formal hingga kasual.

Namun tahukah kamu kalau ternyata kemeja memiliki beragam jenisnya? Kemeja terdiri dari beragam potongan untuk disesuaikan dengan kegiatan sehari – hari para penggunanya. Ada kemeja yang khusus dikenakan untuk menghadiri acara resmi, dan ada pula kemeja lengan pendek yang bisa dipakai untuk bersantai di pinggir pantai ataupun sekedar nongkrong di mal.

Penasaran apa saja jenis kemeja pria? Berikut rangkuman jenis kemeja yang harus dimiliki oleh pria di dalam lemarinya, yang telah kami rangkum khusus untuk kamu.

1. Oxford Shirt

Kemeja klasik yang satu ini dikenal sebagai Oxford Cloth Button Down Shirt (OCBD). Kemeja ini memiliki nuansa semi formal, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga dipakai untuk menghadiri acara kasual ataupun smart kasual. Kamu bisa menggunakannya dengan tambahan sepatu apa pun, mulai dari sneakers hingga pantofel.

2. Camp-Collar Short Sleeve Shirt

Kemeja lengan pendek ini cocok dikenakan untuk mendatangi acara santai. Bisa juga dipakai sebagai luaran saja, serta bisa dipadukan dengan celana pendek, atau summer pants, hingga celana jeans. Kamu bisa menggunakan sandal untuk menghasilkan looks atau tampilan santai, atau sneakers hingga oxford shoes untuk tampilan gaya yang lebih kasual.

3. Cotton Twill Overshirt

Kemeja ini memiliki ukuran yang lebih longgar dan biasanya terbuat dari bahan katun. Kemeja ini biasanya dipakai untuk acara formal atau seringkali untuk bekerja karena tampilannya yang resmi. Kamu bisa menggunakannya sebagai atasan simpel, atau sebagai luaran dari t-shirt yang cocok bila dipadukan dengan jeans hingga chino.

4. Flannel Shirt

Jenis kemeja yang satu ini banyak dan seringkali digunakan oleh para pria. Di luar negeri, kemeja ini cukup populer untuk dipakai saat musim gugur atau musim dingin, karena bahan kemeja yang ini terbuat dari katun atau wol tebal. Kemeja flanel bisa bermotif kotak – kotak atau warna polos. Cocok digunakan dengan celana jeans dan sepatu boots, atau celana chino dan sneakers.

5. Denim Shirt

Kemeja denim ini biasa dipakai sebagai luaran dan dipadukan dengan bawahan senada, yaitu celana jeans. Biasanya para pria mengenakan celana jeans dan dipadukan dengan sneakers untuk menghasilkan tampilan yang santai, atau sepatu boots untuk gaya yang lebih dandy. Pilih warna kemeja yang senada dengan warna celana jeans-mu untuk menghasilkan tampilan yang senada.

6. Linen Shirt

Kemeja yang satu ini terbuat dari bahan kain linen yang mudah menyerap keringat serta nyaman dipakai. Kemeja ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang suka berkegiatan outdoor. Model kemeja ini masih terlihat stylish, sehingga bisa dipakai untuk acara apapun, mulai dari bersantai hingga menghadiri pesta pernikahan di luar gedung. Coba padankan dengan celana chino atau celana bahan lainnya untuk menghasilkan looks yang sempurna.

7. Dress Shirt

Istilah dress shirt mengacu untuk penyebutan kemeja yang dikenakan di acara – acara yang bersifat formal, sebagai padanan tuxedo dan dasi. Biasanya, kemeja yang satu ini memiliki ciri khas cutaway collar dan French cuffs pada bagian pergelangan tangannya.

8. Formal Shirt

Kemeja ini merupakan kemeja pilihan yang seringkali dipakai oleh para pekerja kantoran. Umumnya terbuat dari jenis katun poplin yang halus dan berserat kecil. Bagian belakang kemeja sengaja dibuat lebih panjang dari bagian depan sehingga memudahkan untuk dimasukkan ke dalam celana agar bisa terlihat rapi. Kemeja ini juga cocok untuk dikenakan bersamaan dengan setelan jas dan dasi untuk menghasilkan tampilan yang bersifat lebih resmi.

Ada satu lagi jenis kemeja yang kini menjadi hits di kalangan para pria pecinta fashion, yaitu kemeja oversized. Sebab selai menarik dari segi tampilan yang dihasilkan, kemeja oversized ini rupanya juga menawarkan banyak sekali keunggulan dibanding item fashion lainnya.

Apa sih kemeja oversized itu? Kemeja oversized merupakan salah satu jenis kemeja yang bercirikan sangat khas, yaitu cuttingan-nya sengaja dibuat agak kebesaran. Kemeja oversized ini memiliki banyak keunggulan. Beberapa kelebihan dari kemeja oversized yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus mencobanya adalah sebagai berikut:

1. Nyaman Untuk Dipakai Seharian

Kemeja yang satu ini termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion nyaman yang cocok dipakai untuk aktivitas di kegiatan sehari – hari. Kemeja ini bisa membuat kamu tampil lebih santai, serta nyaman. Karena ukurannya yang longgar, kemeja oversized ini akan membuat ruang gerak kamu menjadi semakin leluasa.

2. Bersirkulasi Udara Yang Baik

Kemeja oversized ini dapat menjadi andalan untuk meminimalisir rasa gerah dan menjaga kelembapan tubuh, terutama ketika cuaca terasa sedang panas – panasnya. Cocok dipakai untuk yang memiliki mobilitas tinggi, ataupun kamu yang memiliki banyak kegiatan.

3. Fit Di Semua Bentuk Tubuh

Kemeja oversized ini bisa dipakai dan terlihat fit untuk semua bentuk tubuh, baik kamu yang memiliki tubuh sedikit berisi atau justru cenderung kurus. Bagi kamu yang berisi, kemeja oversized ini bisa dipakai untuk menyembunyikan bentuk atau lekukan tubuh yang kurang ideal agar terlihat lebih ramping. Sementara untuk yang kurang berisi, kemeja ini dapat dipakai untuk memberikan kesan berisi pada bentuk yang kurang ideal.

4. Memiliki Nilai Plus Untuk Kesehatan

Kemeja oversized umumnya dibuat dalam ukuran yang longgar, cenderung lebih nyaman dipakai dan dari segi kesehatan pun menjadi lebih bagus dibandingkan dengan kemeja yang ketat. Hal ini bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman, dan juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dengan desainnya yang longgar.

5. Bisa Menghasilkan Tampilan Yang Lebih Stylish

Kemeja oversized juga memiliki tampilan yang terkesan lebih modern dan sangat cocok untuk dipadukan ke dalam berbagai macam gaya, baik itu gaya kasual ataupun gaya yang formal. Hal ini dikarenakan kemeja oversized memiliki tampilan yang cenderung lebih sopan, jadi aman untuk dikenakan ke dalam berbagai macam acara, baik formal maupun semi formal.

Nah, demikianlah beberapa keunggulan kemeja oversized yang telah kami kumpulkan untuk kamu, sehingga kamu kini memiliki alasan untuk memilih kemeja ini sebagai pelengkap gaya kamu dalam berpenampilan. Jika kamu tertarik untuk mengadopsi kemeja oversized, kamu bisa melihatnya di SONDERLAB. Selain kemeja oversized, SONDERLAB juga menyediakan beragam kemeja pria, baju kemeja pria, kemeja putih pria dan lain – lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan tentunya jangan lupa, gunakan Atome sebagai metode pembayaran di SONDERLAB untuk mendapatkan pilihan tenor sesuai dengan kebutuhan kamu, entah itu 3 atau 6 bulan, tentukan sendiri pilihanmu bersama Atome. Yuk, tunggu apalagi?

Main keywords of the article: