Blog

Ketentuan dan cara mudah refund di aplikasi Atome

May 13 2022

Pernahkah Anda salah beli produk saat berbelanja menggunakan Atome? Entah salah pilih ukuran, warna, atau variasi lainnya. Biasanya karena terburu – buru atau kurang teliti membaca deskripsi produk saat membeli secara online. Alhasil, bukannya senang ketika menerima produk tersebut, Anda justru kecewa karena produk yang didapat tidak sesuai ekspektasi. Anda pun bertanya – tanya, apakah produk tersebut bisa dikembalikan? Tak perlu khawatir. Selama memenuhi syarat pengembalian dari merchant bersangkutan, Anda dijamin pasti bisa mendapatkan uang Anda kembali. Lalu, bagaimana cara meminta pengembalian dana yang telanjur dibayarkan? Simak cara dan ketentuannya berikut ini.

1. Perhatikan Prosedur Refund Dari Merchant

Ingat, di sini Atome berperan sebagai pihak yang menjembatani proses pembayaran belanja Anda. Jadi, total uang yang telah Anda bayarkan menjadi hak milik merchant tempat Anda belanja dan bukan milik Atome. Karena itulah, Anda perlu melakukan proses refund ke merchant bersangkutan. Contohnya, Anda baru saja membeli produk yang salah di Sociolla menggunakan metode pembayaran Atome. Maka, Anda perlu mengajukan refund ke Sociolla terlebih dahulu, bukan ke Atome.

Setiap merchant punya prosedur yang berbeda – beda untuk mengatur proses refund dan pengembalian barang yang telah dibeli. Cari tahu prosedur refund di situs website merchant yang bersangkutan. Atau hubungi customer support merchant tersebut melalui telepon atau email. Tunggu jawaban dari mereka dan ikuti langkah – langkah pengembalian barang dan refund yang harus dilakukan.

2. Tunggu Sekitar 5 Hari

Jika merchant bersangkutan telah memproses pengembalian dana yang Anda layangkan, nanti statusnya juga akan muncul di aplikasi Atome. Anda bisa mengecek detail pesanan yang ada di bawah menu “Bill” pada aplikasi Atome. Nantinya proses pengembalian dana akan memakan waktu sekitar 5 (lima) hari kerja setelah tanggal pengajuan refund Anda disetujui merchant.

3. Uang Refund Dikirim Penuh

Anda pasti bertanya – tanya, apakah uang refund yang Anda ajukan akan dikirim secara penuh atau ada potongan biaya tertentu? Uang Anda akan dikirim penuh sesuai nominal transaksi  yang telah Anda lakukan (di luar ongkos kirim jika ada). Atome tidak akan memotong biaya apapun dari dana refund yang telah Anda ajukan kepada merchant bersangkutan.

4. Boleh Mengajukan Refund Untuk Barang Tertentu

Hal ini berlaku jika Anda membeli beberapa barang dalam 1x transaksi. Misalnya, Anda berbelanja beberapa pakaian yang berbeda di Zalora. Mulai dari celana, atasan, dan sepatu. Kemudian, setelah berhasil membayarnya dengan Atome, Anda menyadari bahwa sepatu yang Anda beli salah ukuran. Sedangkan celana dan atasan telah sesuai dengan keinginan Anda. Tentu Anda hanya ingin mengembalikan sepatunya saja bukan? Apakah boleh mengajukan refund hanya untuk salah satu atau beberapa barang dari satu transaksi? Jawabannya boleh. Namun, Anda tetap harus mencari informasi lebih lanjut mengenai prosedur refund yang ditetapkan merchant bersangkutan.

5. Uang Refund Akan Dikirim Ke Rekening Anda

Setelah mengajukan proses pengembalian dana ke merchant dan berhasil disetujui, maka sekarang Anda tinggal menunggu pengembalian uang tersebut. Nantinya uang Anda akan ditransfer ke rekening yang telah Anda daftarkan. Customer Service Atome juga akan menghubungi Anda untuk membantu proses refund yang Anda ajukan.

FAQ

1. Apakah proses refund berlaku untuk store online dan offline?

Ya. Anda dapat melakukan proses refund ke toko online atau offline sesuai metode belanja yang Anda lakukan. Namun tetap perhatikan prosedur refund yang ditetapkan merchant bersangkutan.

2. Apa syarat umum pengajuan refund dan pengembalian barang ke merchant?

Ada beberapa ketentuan umum terkait pengajuan refund dan pengembalian barang di berbagai merchant, di antaranya:

  • Produk yang dibeli masih dalam rentang waktu 2-30 hari sejak pembelian (tergantung jenis barang dan toko bersangkutan).
  • Kemasan dan kelengkapan produk masih ada sesuai saat barang diterima. Mulai dari tag produk, label, dan lain lainnya.
  • Kondisi produk baik, tidak mengalami cacat, rusak, kotor, pernah dicuci, atau kondisi lainnya yang menyebabkan kualitas dan fungsi produk berkurang.
  • Struk atau bukti pembayaran masih ada (jika belanja secara offline).
  • Melakukan proses pengajuan refund dengan menghubungi customer service merchant bersangkutan via email atau telepon.
  • Mengisi formulir pengajuan refund yang disediakan merchant dan mengikuti proses selanjutnya sesuai prosedur.

3. Bagaimana proses refund secara umum?

Umumnya, setelah pelanggan berhasil mengirim formulir pengajuan refund, Anda akan diminta mengembalikan barang yang salah beli tadi ke alamat toko. Jika membelinya secara offline, Andabisa langsung mengunjungi toko bersangkutan untuk mengembalikannya. Tapi jika Anda membelinya secara online, maka Anda perlu mengirim barang tersebut ke alamat toko atau gudang yang dituju. Pada saat mengirim barang juga ada beberapa peraturan umum yang berlaku, di antaranya:

  • Kemas produk secara rapi dengan memasukkan semua kelengkapan produk seperti saat Anda menerimanya, termasuk label, tag, silica gel, dan lain lain.
  • Umumnya, pihak toko juga meminta pelanggan melampirkan formulir pengajuan refund ke dalam paket barang yang akan dikembalikan.
  • Sebaiknya kemas produk dengan dus atau kemasan yang sama seperti saat Anda menerima paketan tersebut. Anda juga bisa menambahkan kardus atau bubble wrap untuk meningkatkan keamanan paket.
  • Kirim barang melalui kurir toko bersangkutan (jika ada) atau jasa kurir pihak ketiga dengan biaya ongkos kirim ditanggung sendiri.
  • Tunggu proses QC dari pihak toko. Nantinya pihak toko akan mengirim notifikasi email untuk memutuskan apakah pengajuan refund dan pengembalian barang Anda disetujui atau tidak.
  • Jika disetujui, dana Anda akan segera dikirim ke rekening Anda.

4. Bagaimana jika pengajuan refund saya ditolak merchant?

Perlu diingat bahwa persetujuan refund memang hak penuh merchant dan berada di luar kewenangan Atome. Jika pengajuan refund Andaditolak, merchant bersangkutan pasti memiliki alasan tertentu. Sehingga, dengan berat hati, kami sebagai pihak penyalur dana juga tidak dapat mengirimkan uang refund tersebut ke rekening Anda. Untuk mencegah hal ini, pastikan mengajukan refund sesuai prosedur yang ditetapkan merchant.

5. Kemana harus menghubungi Customer Support Atome?

Anda bisa mengakses halaman bantuan atau hubungi customer support via e-mail ke: support@atome.id.

Kini tak perlu khawatir jika salah membeli produk saat membayar pakai Atome. Tinggal lakukan refund sesuai proseduryang ditetapkan merchant bersangkutan dan tunggu proses pengembalian dana hingga 5 hari kerja. Nantinya Anda bisa gunakan uang pengembalian tersebut untuk belanja ulang di merchant favorit. Dapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa DP atau biaya admin lainnya dan cicil hingga 3 atau 6 bulan. Anda juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan promo spesial lainnya yang bikin belanja jauh lebih hemat. Ada 5.000 lebih merchant dari berbagai kategori yang dapat menerima pembayaran dengan Atome. Mulai dari kategori fashion, kecantikan, kebugaran, hingga elektronik. Jadi, tunggu apalagi? Download dan gunakan Atome sekarang juga dan ikuti semua media sosialnya untuk update promo terbaru.

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: